Pos Luncurkan Sameday Service Q9

Pos Luncurkan Sameday Service Q9Noer Fajrieansyah, Direktur Hubungan Strategis dan Kelembagaan di PT Pos Indonesia (Persero) memukul gong sebagai tanda diluncurkannya layanan sameday service Q9 di Taman Pintar, Jogja, Senin (9/9)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
10 September 2019 09:22 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan Q9 yang merupakan layanan pengiriman barang sameday service dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan ibukota provinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa dengan time limit maksimal sembilan jam. Peluncuran di DIY digelar di Taman Pintar, Jogja, Senin (9/9).

Noer Fajrieansyah, Direktur Hubungan Strategis dan Kelembagaan di PT Pos Indonesia (Persero) mengungkapkan Pos Indonesia menghadapi tantangan tersendiri. Tantangan yang harus dihadapi yakni perkembangan teknologi informasi; adanya kebutuhan masyarakat untuk dapat mengakses layanan jasa kurir dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja; serta disruption yang terjadi pada industri e-commerce di Tanah Air. "Karena itu, kami terus bertransformasi dan merelevankan seluruh lini bisnisnya untuk menjawab tantangan tersebut," kata dia di sela-sela peluncuran Q9 di Taman Pintar, Jogja, Senin (9/9).

Ia menjelaskan bagi pebisnis online dan pelaku UKM, aspek kecepatan, keamanan, dan kepraktisan pengiriman menjadi bagian penting dari kesuksesan usaha. Saat ini, permintaan pasar terhadap layanan lokal dalam kota yang dapat dikirim pada hari yang sama pun semakin tinggi. "Memahami kebutuhan itu, PT Pos Indonesia meluncurkan layanan baru yang sangat mendukung kelancaran usaha para pebisnis ini yaitu Q9," terang dia.

Kepala Kantor Pos Besar Yoguakarta menjelaskan Q9 merupakan layanan pengiriman barang sameday service dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan ibukota provinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa dengan time limit maksimal sembilan jam. Batas akhir pengiriman (cut off time) untuk layanan Q9 sampai pukul 16.00 waktu setempat. Tarif kiriman Q9 dihitung per kilogram dengan tingkat berat maksimal paket lima kilogram. "Layanan ini juga sangat potensial di DIY karena banyak pelaku bisnis online. Tentunya dengan layanan ini mereka semakin dimudahkan dan pengiriman ke konsumen semakin cepat. Ini wujud kami mengikuti perkembangan zaman," jelas dia.

Ia menjelaskan ada beberapa keunggulan produk Q9 yang ditawarkan Pos Indonesia. Pertama, selain layanan di loket-loket Kantor Pos dan Agen Pos, Q9 menyediakan layanan jemput kiriman (pick up service) oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi Call Center 1500 261. Kedua, hingga akhir Desember 2019 berlaku promo gratis ongkos kirim untuk pengiriman berikutnya apabila kiriman tidak tiba di hari yang sama.

Ketiga, Q9 membuka layanan cash in delivery (COD) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim. Dilengkapi pula dengan aplikasi payment PosGiro Mobile. "Keempat, tersedia notifikasi yang akan dikirim kepada penerima barang sesaat setelah kiriman diposkan melali loket Kantor Pos, O-Ranger, ataupun Agen Pos," jelas dia.

Ia mengatakan Pos Indonesia menghadirkan fitur maskot bernama Mr Q. Maskot ini untuk menggambarkan karakter produk Q9. Sosok Mr Q digambarkan sebagai sosok milenial yang smart, ramah, gesit, dan profesional.