Piala Raja Jogja Istimewa Cup 2019 Siap Digelar

Piala Raja Jogja Istimewa Cup 2019 Siap Digelar Direktur Pemasaran BPD DIY, Agus Tri (tengah) bersama Direktur Kepatuhan BPD DIY, Dian Ariyani (kiri) dan Presiden klub BPD DIY Bima Perkasa (kanan) saat memberikan penjelasan kepada awak media mengenai Piala Raja Jogja Istimewa Cup 2019 di Kantor BPD DIY, Jogja, Jumat (13/9)./ Harian Jogja - Gigih M. Hanafi
14 September 2019 07:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bank BPD DIY bersama Tim BPD DIY Bima Perkasa kembali menyelenggarakan Piala Raja Jogja Istimewa Cup 2019, di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Selasa (1/10) – Minggu (6/10).

Direktur Pemasaran Bank BPD DIY, R. Agus Trimurjanto mengatakan kegiatan kali ini memperebutkan Piala Raja dan diikuti lima tim Indonesia Basketball League (IBL), yaitu BPD DIY Bima Perkasa, Amartha Hangtuah, Satya Wacana Salatiga, Pacific Surabaya, Pelita Jaya dan Tim Nasional seleksi persiapan SEA Games 2019. “Harapannya dengan event ini dapat memperkenalkan Jogja pada masyarakat nasional dan mendorong sport tourism, dengan datangnya penonton dari luar daerah,” kata Agus, Jumat (13/9).

Tim BPD DIY Bima Perkasa melihat kejuaraan ini sebagai persiapan IBL musim 2020. Event IBL 2020 akan bergulir mulai Januari 2020. Pada pergelaran tahun depan, IBL akan terdiri dari delapan tim dan tim nasional akan ikut ke dalam liga tertinggi di Indonesia ini. “Kami sebagai pengelola tim profesional tentu harus mendukung program tim nasional (timnas). Hal ini tentunya baik demi basket Indonesia namun tidak bisa kami pungkiri perlu ada banyak penyesuaian,” ucap Presiden klub BPD DIY Bima Perkasa, Edy Wibowo.

Piala Raja Jogja Istimewa Cup 2019 ini dikhususkan untuk tim dengan lisensi IBL dan timnas untuk menjadi peluang tim-tim dalam menyesuaikan IBL musim depan, meski kondisinya belum ada pemain asing yang terlibat. “Kami fokus dengan materi pelatihan, dan siapapun lawan di depan tentu semakin kuat semakin baik dengan begitu akan mengangkat target kita juga untuk bermain semaksimal mungkin,” ujar Head Coach BPD DIY Bima Perkasa, Raoul Ebos Miguel Hadinoto.

IBL mengapresiasi BPD DIY Bima Perkasa karena telah menyelenggarakan kompetisi basket untuk tim IBL sebelum musim IBL dimulai. Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah mengapresiasi dan mendukung adanya Piala Raja 2019 ini, BPD DIY Bima Perkasa adalah klub kebanggaan Jogja yang mempunyai banyak fans fanatic seiring dengan prestasi yang juga selalu maju. “Kegiatan seperti ini menjadi contoh kepada semua stakeholder agar saling bahu membahu untuk meningkatkan bola basket di Tanah Air melalui penyelenggaraan kegiatan turnamen. Turnamen Piala Raja sekaligus menjadi ajang uji coba bagi klub IBL menghadapi musim kompetisi yang dimulai 10 Januari mendatang,” kata Junas.

Dengan jumlah peserta sebanyak enam tim, kompetisi ini dibagi dalam dua grup dengan masing-masing tiga tim. Hari pertama sampai ketiga digunakan sebagai penyisihan. Hari keempat untuk perebutan peringkat lima-enam. Sedangkan di hari kelima semifinal. Pada hari keenam adalah laga final dan perebutan peringkat ketiga.