Advertisement

Palapa Ring Dinilai Akan Dorong Kemajuan UKM

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 22 Oktober 2019 - 23:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Palapa Ring Dinilai Akan Dorong Kemajuan UKM Ilustrasi UMKM - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Palapa Ring atau tol langit dinilai akan mendongkrak perkembangan pebisnis lokal dan usaha kecil dan menengah (UKM).

CEO Niagahoster, Ade Syah Lubis  hambatan go online bagi bisnis lokal dan UKM di daerah terkendala faktor infrastruktur. Hadirnya Palapa Ring, menjawab tantangan infrastruktur di daerah luar Jawa. Membuat bisnis menjadi semakin mudah dengan akses internet dari Palapa Ring, untuk berjualan online, pemilik bisnis tidak perlu membuka toko dan memiliki modal besar untuk mulai berbisnis. Kemudahan ini dapat dimanfaatkan pemilik bisnis untuk go online.

Advertisement

“Salah satu keuntungan go online bagi bisnis adalah perluasan jangkauan pasar. Pemilik bisnis online dapat menerapkan strategi pemasaran digital yang terfokus membidik pasar tertentu,” ujar Ade, melalui siaran pers, Selasa (22/10).

Dikatakannya strategi pemasaran digital yang efektif dapat menghemat anggaran marketing hingga 40%. Strategi digital marketing ini juga terbukti mendatangkan keuntungan 2,8 kali lebih besar daripada bisnis konvensional.

Keunikan dan kekhasan produk Indonesia juga dapat dimanfaatkan oleh pemilik bisnis daerah untuk memasarkan produk ke luar negeri. Internet menghilangkan batas-batas antar negara, yang membuat jangkauan pemasaran produk-produk daerah pun makin meluas. Keinginan untuk menembus pasar internasional ini juga diungkapkan Jokowi dalam pidatonya di peresmian Palapa Ring. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Dia 2 Nama yang Bakal Disurvei Golkar untuk Pilkada Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 18 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement