Wow, Penjualan Kendaraan Hybrid Naik Pesat

Wow, Penjualan Kendaraan Hybrid Naik PesatAll-new Toyota Camry. - Bisnis.com/Aprianus Doni Tolok
30 Oktober 2019 11:27 WIB Thomas Mola Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kehadiran model baru dengan harga yang makin kompetitif membuat konsumen mulai melirik kendaraan hibrida. Hal tersebut membuat penjualan kendaraan hibrida pada Januari-September 2019 tumbuh tinggi dengan motor utama berasal dari model yang dipasarkan Toyota dan Lexus. 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diolah Bisnis menunjukkan penjualan kendaraan berteknologi hibrida pada Januari-September 2019 sebanyak 532 unit di luar kendaraan para menteri Kabinet Indonesia Maju sebanyak 102 unit.

Capaian pengiriman kendaran hibrida ke dealer itu berbanding terbalik dengan posisi tahun lalu yang hanya sebanyak 63 unit. Minimnya produk yang tersedia di pasaran dan harga yang masih mahal menjadi dua alasan hibrida tidak menjadi pilihan pada tahun 2018.

Pada tahun ini, Toyota bersama Lexus menjadi salah merek yang banyak memasarkan model hibrida. Merek lainnya ialah BMW yang memasarkan kendaraan hibrida colokan BMW i8.

“Memang penjualannya tumbuh tahun ini berkat ada beberapa model baru hybrid,” ujar Anton Jimmy Suwandi, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) kepada Bisnis baru-baru ini.

Tahun ini, Toyota menjadi salah satu merek yang sangat aktif menghadirkan kendaraan berteknologi hibrida ke pasar domestik. Tercatat Toyota telah merilis tiga produk berteknologi hibrida mulai All New Camry Hybrid pada awal tahun, disusul C-HR Hybrid dan baru-baru All New Corolla Altis.

Dari ketiga model yang dirilis Toyota itu, C-HR menjadi yang telaris disusul Camry, sedangkan Corolla merupakan model baru yang baru dirilis pada September lalu. C-HR Hybrid mampu mencuri hati konsumen karena perbedaan harga yang tidak terlalu jauh dengan model C-HR bermesin internal combustion engine (ICE).

C-HR Hybrid dipasarkan seharga Rp523,3 juta hingga Rp524,8 juta (OTR DKI Jakarta), sedangkan C-HR seharga Rp493,3 juta hingga Rp594,8 juta. Selama Januari-September C-HR Hybrid mampu dikirimkan ke dealer sebanyak 277 unit, jauh lebih banyak dari model biasa yang hanya 99 unit.

Sumber : bisnis.com