4 Fakta Unik Harbolnas 11.11 Versi Twitter

4 Fakta Unik Harbolnas 11.11 Versi Twittere-Commerce. - dphase.com
11 November 2019 22:27 WIB Rahmad Fauzan Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh tiap 11 November tidak hanya menjadi momen yang memberikan beragam keuntungan bagi konsumen dan pelaku dagang. Ajang tersebut juga memiliki fakta-fakta untuk yang terjadi di sekitarnya.

 Salah satu platform media sosial, Twitter, mencatatkan beberapa fakta unik dari ajang Harbolnas tahun lalu. Berikut catatan Twitter mengenai fakta-fakta Harbolnas tahun lalu.

  1. Mulai September

 Berdasarkan keterangan resmi yang diterima JIBI, Senin (11/11/2019), masyarakat Indonesia yang menggunakan Twitter mulai membicarakan tentang belanja dan travelling sejak bulan September.

Adapun, jumlah cuitan di Twitter tentang berbelanja meningkat dua kali lipat pada periode tersebut dibandingkan dengan periode biasa.

  1. Mobile Adalah Kunci

Sebanyak 61% pengguna Twitter di Indonesia berencana menggunakan perangkat seluler mereka untuk sebagai media berbelanja pada momentum belanja akhir tahun.

Terkait dengan hal itu, Twitter mengatakan jika suatu brand ingin memenangkan “'pertarungan', maka kampanye yang dilakukan sebaiknya difokuskan untuk menarik perhatian para mobile shopper.

 Terdapat tiga tipe pembelanja daring yang ada di Twitter di Indonesia; pertamamobile shopper, yaitu mereka yang suka berbelanja menggunakan gawai pintar. Twitter mencatat, saat ini 1 dari 4 orang berbelanja melalui gawai pintar setiap minggu.

Keduaregular shopper, atau konsumen yang berbelanja secara rutin pada periode-periode tertentu. Di Indonesia, sebanyak 94% pengguna Twitter sudah melakukan pembelian produk secara daring sejak setidaknya satu bulan sebelum Harbolnas berlangsung.

Ketigasocial shopper, yaitu mereka yang membuat keputusan berbelanja berdasarkan rekomendasi di media sosial. Sebanyak 48% konsumen dikatakan memutuskan untuk berbelanja berdasarkan rekomendasi di media sosial. 

  1. Fesyen dan Aksesori

Produk fesyen dan aksesoris merupakan kategori paling populer yang dibeli melalui perangkat seluler. Dari hasil analisa Twitter, terdapat setidaknya 9 kategori produk yang banyak dibeli melalui perangkat seluler. 

Dari 9 kategori tersebut, fesyen dan aksesoris (69%) menjadi kategori paling populer yang dibeli oleh pengguna Twitter di Indonesia melalui perangkat seluler. Kemudian diikuti oleh produk terkait travelling (54%), serta kecantikan dan perawatan pribadi (50%).

  1.   Twitter Menjadi Bagian Penting 

Country Industry Head Twitter Indonesia Adriansah mengatakanTwitter menjadi bagian penting dalam perjalanan konsumen secara keseluruhan dari awal hingga akhir. Audiens di Twitter dikatakan reseptif terhadap perubahan dan hal-hal baru. 

Menurutnya, Twitter dapat menghubungkan brand dengan audiens tersebut. Mulai pada saat mereka mencari inspirasi, saat akan melakukan pembelanjaan, hingga memberi opini tentang produk atau jasa yang mereka beli. 

"Dengan 94% pengguna Twitter di Indonesia membeli produk secara online dalam satu bulan terakhir, brand dapat menitikberatkan aktivasi mereka di ranah daring," ujarnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia