Advertisement

Nataru, Garuda Tak Tambah Penerbangan tetapi …

Rio Sandy Pradana
Rabu, 27 November 2019 - 09:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Nataru, Garuda Tak Tambah Penerbangan tetapi … Pesawat Garuda Indonesia mempersiapkan keberangkatan di apron Termial 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten Selasa (13/2/2018). (Bisnis - Felix Jody Kinarwan)).

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Garuda Indonesia mengoperasikan 139 unit pesawat selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020. Daripada menambah jumlah penerbangna, Garuda  memilih pesawat kategori lorong ganda (twin aisle).

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah memerinci sebanyak 104 unit pesawat berlorong tunggal (single aisle). Adapun, 35 unit twin aisle atau wide body digunakan untuk melayani rute penerbangan dengan permintaan tinggi selama Nataru. "Kami lebih memilih menggunakan bigger aircraft daripada menambah penerbangan (extra flight). Dari sisi biaya operasional lebih hemat," kata Pikri, Selasa (26/11).

Advertisement

Dia menambahkan jenis pesawat wide body yang digunakan antara lain Boeing 777-300; Airbus 330-300 dan Airbus 330-200. Khusus pesawat narrow body yakni Boeing 737-800; CRJ1000 NexGen dan ATR 72-600.

Dia menuturkan beberapa rute domestik yang dinilai akan menjadi favorit penumpang selama Nataru antara lain Denpasar, Surabaya, Labuan Bajo, Semarang, Jogja, Mataram dan Kupang. Sementara untuk rute internasional adalah Singapura, Jepang, Korea Selatan dan kawasan Eropa.

Pada masa Nataru kali ini diakui Hong Kong keluar dari rute favorit karena adanya demo pro-demokrasi yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Pihaknya juga memaksimalkan seluruh lini operasional dari berbagai unit kerja yang bertugas tetap berjaga dan termonitor selama periode puncak Nataru. Adapun, posko operasional 24 jam juga telah dipersiapkan guna mendukung kelancaran layanan penerbangan. Garuda mengaku telah secara intensif berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan layanan kebandarudaraan dalam memastikan kelancaran operasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement