Dorong Ekonomi Kreatif, Indomaret Berikan Dukungan Ini

Dorong Ekonomi Kreatif, Indomaret Berikan Dukungan IniPelaksanaan pelatihan ke 100 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di ruang pertemuan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Klaten, Jawa Tengah, Kamis (28/11). / JIBI/Solopos - Ponco Suseno
29 November 2019 00:27 WIB Ponco Suseno Ekbis Share :

Harianjogja.com, KLATEN–Indomaret Cabang Jogja memberikan pelatihan ke 100 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di ruang pertemuan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Klaten, Jawa Tengah, Kamis (28/11). Selain mendorong pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Bersinar, Indomaret yang menjalin kerja sama dengan PT Ajinomoto (Yumyum) juga memberikan bantuan gerobak usaha ke sejumlah pelaku UMKM di Klaten. 

Kegiatan yang diikuti 100 pelaku UMKM di Klaten itu mengambil tema Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Inovasi dan Kreativitas. Sebelum mengikuti pelatihan, setiap peserta diwajibkan menyerahkan sampel produk usaha ke perwakilan Indomaret, seperti makanan olahan, kerajinan tangan, dan produk lainnya. Melalui sampel tersebut, Indomaret mengetahui potensi kelayakan produk lokal UMKM di Klaten agar dapat ditampung di toko modern. Metode pengemasan, manajemen keuangan, dan pemasaran menjadi materi pembahasan selama pelatihan.

“Ini menjadi kepedulian dan upaya berbagi kami [Indomaret] bersama pelaku UMKM di Klaten. Indomaret saat ini fokus ke UMKM. Kami siap menampung produk UMKM yang layak [dapat bersaing di pasar modern]. Setiap produk lokal yang memang layak, akan kami tempatkan di lokasi strategis [di dekat pintu masuk outlet Indomaret]. Di antara syaratnya, produk harus unggulan, memperhatikan kemasan, dan kontinuitas [keberlangsungan produksi],” kata Deputy Branch Manager Indomaret Cabang Jogja, Muhammad Ismail di sela-sela pelatihan di Disdagkop dan UKM Klaten, Kamis.

Muhammad Ismail mengatakan program yang menjadi bagian corporate social responsibility (CSR) Indomaret ini telah menyasar  ke 52 kabupaten/kota di Tanah Air. Indomaret juga telah memberikan 320 gerobak ke pelaku UMKM. “Jumlah outlet Indomaret di Klaten mencapai puluhan. Di tingkat cabang [Jogja] mencapai ratusan outlet,” katanya.   

Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Disdagkop dan UKM Klaten, Wahyu Hariadi, mengapresiasi pelatihan yang diselenggarakan Indomaret. Rangkaian pelatihan yang didukung penuh Indomaret diharapkan dapat mengembangkan produk lokal yang dapat bersaing di toko modern.

“Pola pemberdayaan ke pelaku UMKM di Klaten tak dapat dilakukan secara sendirian oleh Disdagkop dan UKM Klaten. Butuh dukungan dari semuanya, termasuk kegiatan Indomaret kali ini. 

Sumber : Solopos