Artotel Earth untuk Kelestarian Lingkungan

Artotel Earth untuk Kelestarian LingkunganPerwakilan dari Artotel Group dan WWFIndonesia berfoto bersama belum lama ini./ Ist. - Artotel Group
30 November 2019 10:27 WIB Mediani Dyah Natalia Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Artotel Group kembali menghadirkan rangkaian kepedulian sosial tahunan yang sebelumnya dikenal dengan nama Artotel For Hope kini berubah nama menjadi Artotel Earth.

Dimulai pada 2016, Artotel For Hope merupakan rangkaian kegiatan kepedulian sosial dari Artotel Group yang berlangsung setiap akhir tahun dan dilakukan dengan cara yang berbeda, yaitu kampanye kepedulian sosial melalui kegiatan seni. “Melalui kegiatan ini, Artotel Group ingin menyampaikan pesan seni dapat menjadi media komunikasi yang sangat menarik untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap isu sosial yang sedang diangkat,” kata Marketing Communication Manager Artotel Group Andri Meilani dalam rilis, Jumat (29/11).                .

Selain itu, Artotel For Hope juga menggalang donasi dari tamu yang menginap di semua properti Artotel Group untuk disumbangkan kepada komunitas atau organisasi sosial tertentu. Pada 2016 Artotel For Hope menggalang kepedulian sosial untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang berprestasi di bidang seni, melalui sosok seniman cilik Aqil Prabowo yang memiliki gangguan disleksia. Pada 2017, kepedulian sosial untuk orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan mental.

Asst Director of Marcom Artotel Group Yulia Maria menambahkan pada 2018, Artotel For Hope mulai merambah isu lingkungan yang bekerja sama dengan Yayasan sosial di bidang lingkungan yang memiliki fokus pada rehabilitasi hutan di Kalimantan.

 

Program Berkelanjutan

Pada 2019, Artotel Group mulai memposisikan program kepedulian sosial ini menjadi program berkelanjutan terhadap lingkungan, dengan mengganti nama program menjadi Artotel Earth dan  bekerja sama secara strategis dengan Yayasan WWF Indonesia (WWF-Indonesia) sebagai mitra resmi program Signing Blue untuk mendorong pelaku industri pariwisata praktik usaha yang bertanggung jawab dalam melestarikan keindahan bahari.

Pada Desember 2019, dilakukan rangkaian program aktivasi pertama kolaborasi Artotel Earth dengan WWF-Indonesia yang mengangkat tema Mengurangi Sampah Plastik. “Terdiri dari pengumpulan donasi

selama Desember 2019, Artotel akan menyisihkan Rp.10.000 dari setiap kamar yang terjual untuk disumbangkan kepada WWF–Indonesia. Sebagai timbal baliknya, para tamu akan mendapatkan komik karya seniman Mulyakarya. Bagi tamu yang tidak menginap dan tertarik untuk memiliki komik yang menarik ini, dapat membeli komik ini seharga Rp.10.000 yang juga akan disumbangkan ke WWF-Indonesia,” urai dia.

Selain itu, ada pameran seni yang menampilkan pameran seni karya Mulyakarya. Para tamu juga dapat membeli karya seni tersebut, dari hasil penjualan sebagian di antaranya akan disumbangkan ke WWF–Indonesia. Terakhir, membuat cinderamata daur ulang bersama TRI Upcycle untuk mengurangi sampah lingkungan.

CEO Artotel Group Erastus Radjimin menambahkan melalui program ini, Artotel ingin menunjukkan komitmen sebagai grup yang peduli terhadap lingkungan karena sebagai pelaku industri pariwisata yang mengusung brand gaya hidup masa kini, peduli terhadap lingkungan juga merupakan bagian dari gaya hidup masa kini. “Melalui komitmen ini, semua properti Artotel Group akan menerapkan kegiatan operasional yang ramah lingkungan dan dilakukan secara bertahap dengan bantuan kerja sama dari WWF–Indonesia,” ujarnya.