Erick Thohir Heran Hampir Semua BUMN Punya Bisnis Hotel

Erick Thohir Heran Hampir Semua BUMN Punya Bisnis HotelKetua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir dalam jumpa pers "Asian Games 2018 Majukan Produk dalam Negeri", di Lobby Media Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (30/5/2018). - Suara.com/ Arif Apriadi
03 Desember 2019 12:57 WIB Newswire Ekbis Share :


Harianjogja.com, JAKARTA - Kondisi usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menarik perhatian Menteri BUMN Erick Thohir. Ia mengaku heran dengan strategi bisnis yang dilakukan sejumlah perusahaan BUMN, menurut dia hampir semua perusahaan BUMN punya lini bisnis hotel, padahal perusahaan BUMN tersebut punya core bisnis yang berbeda.

"Semua BUMN nih punya bisnis hotel. Nah ini kenapa kita harus konsolidasi semua sesuai dengan core bisnisnya," kata Erick Thohir di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (2/12/2019) kemarin.

Maka dari itu lanjut Erick, dirinya mau memperbaiki model bisnis di setiap masing-masing perusahaan BUMN, agar kinerja BUMN lebih baik lagi.

"Kita perbaiki bisnis model masing-masing perusahaan. Ini Bisnis model harus diperbaiki supaya bisa complit dan bagus," kata Erick.

Sehingga dirinya bakal merubah beberapa strategi yang dilakukan Menteri BUMN sebelumnya Rini Soemarno yang akan membuat konsep superholding.

"Jadi nanti saya rasa urusan superholding kita ubah konsepnya jadi subholding yang fokus pada masing-masing kegiatan unit usaha," kata Erick.

"Contoh apakah ke depan Pelindo bisa jadi Pelindo 1,2,3,4 atau Pelindo kita ubah sesuai fungsinya itu Pelindo peti kemas, pelabuhan curah cair, tidak berdasarkan sub regionnya yang akhirnya terjadi kanibal tidak pasti di antara mereka. Hal-hal ini yang mau kita lakukan," tambah Erick.

Sumber : Suara.com