Advertisement

BI Siapkan 44 Titik Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil

Kusnul Isti Qomah
Kamis, 19 Desember 2019 - 07:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
BI Siapkan 44 Titik Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil Ilustrasi replika uang di Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (4 - 4).Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia DIY menyiapkan 44 titik layanan penukaran uang pecahan kecil di seluruh wilayah DIY untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Natal dan Akhir Tahun 2019. BI DIY menyiapkan uang tunai sebesar Rp57 miliar melalui layanan penukaran uang pecahan kecil tersebut.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Hilman Tisnawan menyebutkan layanan ini dilakukan pada 16-20 Desember 2019. Layanan tersebut merupakan sinergi Bank Indonesia dengan perbankan di DIY melalui pembukaan loket pada jaringan perbankan sebanyak 36 loket di wilayah Jogja dan masing-masing dua loket di Sleman, Gunungkidul, Bantul, dan Kulonprogo.

Advertisement

Masyarakat dapat menukarkan uang pecahan kecil maksimal Rp3,8 juta per orang per hari dengan rincian denominasi Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000 masing-masing satu pak. "Dengan demikian masyarakat dapat menukarkan uang pecahan kecil pada loket tersebut secara gratis atau tanpa dipungut biaya," kata dia, Rabu (18/12).

Ia menyebutkan BI siap melayani kebutuhan masyarakat dan menyiapkan strategi pemenuhan uang rupiah bekerja sama dengan perbankan untuk memperluas titik penukaran. BI mengimbau perbankan untuk mengoptimalkan pengolahan uang dan menjaga ketersediaan ATM dengan kualitas yang baik.

BI mendorong masyarakat menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang. Masyarakat diimbau agar selalu memperhatikan ciri keaslian rupiah dengan dilihat, diraba dan diterawang serta cara merawat rupiah dengan Lima Jangan, Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement