Advertisement

Mau KPR? Simak Daftar Bunga 8 Bank Terendah

Maria Elena
Selasa, 04 Februari 2020 - 21:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Mau KPR? Simak Daftar Bunga 8 Bank Terendah Ilustrasi perumahan berskema FLPP (Rachman/JIBI - Bisnis)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Promo suku bunga rendah masih menjadi strategi perbankan untuk memacu kredit pemilikan rumah (KPR) di awal 2020. Berikut daftar bank yang menawarkan suku bunga KPR rendah di awal tahun ini.

 BTN

Advertisement

Dalam rangka HUT BTN yang ke-70, bank menghadirkan program promo bunga KPR sebesar 6,99% fixed dua tahun. Selain itu, beberapa promo bunga KPR juga diadakan, yang dimulai dari bunga 8,88% fixed dua tahun, berlaku untuk plafon Rp250 juta hingga Rp1,5 miliar bagi debitur fixed income.

Bunga 8,88% juga diberlakukan untuk nasabah prioritas Bank BTN atau yang menggunakan payroll/kolektif ASN/BUMN/TNI-Polri fixed selama tiga tahun. Selain itu, tersedia juga bunga untuk maksimal jumlah pinjaman di Rp250 juta, yaitu sebesar 9,49% fixed selama dua tahun.

Promo yang diberlakukan ini berlaku untuk kredit rumah dan apartemen, baik baru maupun seken. Berlaku pula untuk seluruh pengembang baik pengembang berbadan hukum maupun perorangan.

Bank CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga menghadirkan suku bunga mulai dari 3,65% melalui program Xtra Ringan. Periode promo tersebut berlaku hingga 31 Maret 2020. Program tersebut terbagi dua, pertama program A dengan bunga 3,65% di tahun pertama, serta bunga 6,50% di tahun kedua dan ketiga. Kedua, program B, bunga dikenakan sebesar 5,65% untuk tahun pertama dan bunga sebesar 7,88% fixed untuk tahun kedua hingga kelima.

Beberapa pengembang yang menjadi mitra CIMB Niaga dalam program ini di antaranya Ciputra, Alam Sutera, Lyman Property, Hero Property, Matahari Land, Agung Podomoro Land, Meisterstadt, Premier, Intiland, Sinarmas Land, Duta Putra Land, Lippo Group, PP Property, dan Summarecon Serpong.

Persyaratannya disebutkan usia minimal 21 tahun. Sementara usia maksimal pada akhir masa kredit yaitu 55 tahun atau sesuai ketentuan pensiun perusahaan untuk karyawan dan 65 Tahun untuk profesional/ wiraswasta. Di samping itu, CIMB Niaga juga menawarkan Program XTRA Multiguna dengan suku bunga KPR 8,5% fixed selama tiga tahun.

BNI

BNI, dengan produk BNI Griya memberikan suku bunga ringan dan tetap mulai dari 6,75% efektif fixed dua tahun pertama dan 7,75% efektif fixed satu tahun berikutnya. Jangka waktu kredit diberikan hingga 25 tahun dan usia minimum yakni 21 tahun saat pengajuan.

Selain untuk membeli KPR atau KPA, BNI Griya juga menyediakan fasilitas untuk pembangunan/renovasi, top up, refinancing atau take over properti berupa rumah tinggal, villa, apartemen, kondominium, rumah toko, rumah kantor, atau tanah kaveling yang besarnya disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan dan kemampuan membayar kembali masing-masing pemohon.

BCA

Terdapat beberapa skema pinjaman yang ditawarkan BCA, mulai dari bunga fixed satu-lima tahun. Beberapa di antaranya bunga 8,75% fixed satu tahun, 8,75% fixed dua tahun, 8,00% fixed tiga tahun, dan 8,50% fixed lima tahun. Setelah masa suku bunga fix berakhir, maka akan diberlakukan suku bunga floating yang ditinjau secara berkala sampai dengan masa kredit berakhir.

Selanjutnya, BCA memberikan kepastian angsuran sampai dengan 5 tahun, yaitu bunga 8,00% fixed dua tahun dan 9,0% cap dua tahun. Setelah masa suku bunga fix n cap berakhir, maka akan diberlakukan suku bunga floating yang ditinjau secara berkala sampai dengan masa kredit berakhir.

Bank Panin

KPR Panin #SamaTapiBeda menawarkan bunga mulai dari 6,88% fixed tiga tahun. Minimal tenor diberikan selama tiga tahun serta tanpa mensyaratkan pengendapan dana. Proses KPR dilayani secara cepat dengan proses persetujuan hanya dalam tiga hari kerja. Selain itu, keleluasaan pembiayaan diberikan hingga 20 tahun. Dengan tenor yang panjang ini, debitur dapat dengan mudah mengatur keuangan dan besarnya angsuran setiap bulan.

Bank Mandiri

Suku bunga Mandiri KPR untuk nasabah baru ditawarkan mulai dari 7,5% fixed tiga tahun. Jangka waktu yang diberikan hingga 20 tahun. Mandiri bekerja sama dengan lebih dari 900 proyek developer di seluruh Indonesia. Umur yang disyaratkan minimal 21 tahun, maksimal 55 tahun untuk pegawai, dan 60 tahun untuk profesional/wiraswasta. Selain itu, mulai tahun ini, Bank Mandiri kembali menawarkan program promo KPR terbaru dengan bunga sebesar 10,99% fixed selama 10 tahun.

Maybank Indonesia

Maybank KPR AkuBisa beri kemudahan khusus untuk milenial memiliki rumah atau apartemen tanpa ribet. Mulai dari suku bunga rendah, tenor yang lebih panjang hingga 30 tahun, uang muka ringan sebesar 5%, serta cicilan tetap hingga lima tahun. Suku bunga lima tahun pertama diberikan sebesar 7,75%. Kemudian dua tahun selanjutnya bunga akan dikenakan sebesar 9%, dan tahun berikutnya floating dengan bunga sebesar 12,26%. Usia yang disyaratkan minimal 31 dan maksimal 35 tahun saat pengajuan, memiliki penghasilan rutin setiap bulannya. Selain itu, syarat bagi karyawan harus memiliki pengalaman karena 2 tahun.

 Standard Chartered Bank

Standard Chartered Bank dengan program Home Suite menghadirkan beberapa pilihan produk, seperti pembelian rumah/apartemen/ruko baru atau seken, pengalihan KPR/KPA dari bank lain serta equity loan (Kredit Multi Guna). Untuk KPR/KPA, bunga yang ditawarkan mulai dari 6,75%. Rinciannya, 6,75% p.a. fixed satu tahun pertama, 7,50% p.a. fixed dua tahun pertama, 7,75% fixed tiga tahun dan 8% fixed lima tahun. Untuk masing-masingnya, setelah masa fix rate habis, maka selanjutnya berlaku suku bunga floating.

 

Suku Bunga KPR

BTN 6,99%

CIMB Niaga 3,65%

BNI 6,75%

BCA 8%

Panin 6,88%

Mandiri 7,5%

Maybank 7,75%

Standard Chartered 6,75%

Sumber: JIBI

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement