Advertisement

Kredit Macet Naik, Klaim Asuransi Terdongkrak 257%

Arif Gunawan
Senin, 24 Februari 2020 - 07:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kredit Macet Naik, Klaim Asuransi Terdongkrak 257% Ilustrasi asuransi. - orixinsurance.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Gabungan total klaim yang dibayar asuransi umum di Tanah Air pada tahun  lalu mencapai Rp36,7 triliun. Dibandingkan tahun sebelumnya, klaim tersebut melonjak 82,8%  atau sebesar Rp20,1 triliun. 

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody AS Dalimunthe menjelaskan klaim terbesar datang dari asuransi kredit. Lini tersebut menyumbang hampir 26,89% klaim yang harus dibayar atau tepatnya senilai Rp9,87 triliun. "Klaim paling besar tahun lalu dari asuransi kredit senilai Rp9,87 triliun atau naik 257 persen dibandingkan dengan  2018 yang senilai Rp2,76 triliun," ujar Dody, Kamis (20/2).

Advertisement

Dia menjelaskan untuk asuransi kredit ini terbagi dua yaitu asuransi kredit modal kerja, dan asuransi kredit konsumtif. Misalnya pada kredit modal kerja, perusahaan pembiayaan menilai perusahaan debitur. Jika perusahaan rugi maka menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi untuk melunasi klaim.

Sementara untuk kredit konsumtif dengan  debitur memiliki penghasila  rutin, di saat penghasilannya terhenti dan cicilan menunggak, itu menjadi klaim ke asuransi.

"Untuk asuransi kredit modal kerja itu ahlinya Askrindo, karena punya analisa kerja, tetapi sekarang banyak asuransi yang main dua-duanya [modal kerja dan konsumtif], padahal risiko jadi lebih besar karena karakteristiknya [asuransi tersebut] berbeda, kalau enggak mampu lihat risiko itu akan jadi bias," ujarnya.

Adapun klaim asuransi yang juga berkontribusi besar tahun lalu yaitu lini asuransi kendaraan, dengan nilai klaim Rp8,09 triliun atau naik 42,2%. Selanjutnya klaim asuransi properti senilai Rp6,07 triliun atau naik 50,1% dibanding 2018, dan asuransi kecelakaan dan kesehatan senilai Rp4,36 triliun yang naik 40,1% dibanding 2018. Dua lini yang tidak mengalami kenaikan adalah asuransi pesawat dan asuransi tanggung gugat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hendak Mengambil Ponsel, Warga Sleman Malah Kecemplung Sumur

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement