Pertamina Pasang 10 Wastafel Portabel di 8 Pasar Jogja

Pertamina Pasang 10 Wastafel Portabel di 8 Pasar JogjaWakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi ketika mencuci tangan di wastafel portabel di depan pasar Beringharjo, Jogja, Jumat (27/3)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
28 Maret 2020 07:27 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng & DIY menggandeng Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY menyiapkan 10 wastafel portabel yang diletakkan di delapan titik pasar tradisional di Kota Jogja. Sebagai langkah awal, Pertamina telah menyerahkan satu unit wastafel portabel kepada Pemerintah Kota Jogja di Pasar Beringharjo, Jogja, Jumat (27/3).

“Setelah sebelumnya berkoordinasi dengan Pemerintah Kota, kami akan menempatkan 10 unit wastafel portabel di pasar-pasar di Jogja yaitu pasar Beringharjo; Pasar Kranggan; Pasar Patangpuluhan; Pasar Demangan; Pasar Sentul; Pasar PrawirotamanL; Pasar Pathuk dan Pasar Giwangan” Sales Area Manager Retail Yogyakarta Pertamina MOR IV Pande Made Andi Suryawan kepada wartawan di Pasar Beringharjo, Jogja, Jumat.

Ia mengungkapkan alasan pasar tradisional menjadi lokasi yang dipilih untuk penempatan wastafel portabel karena di tengah pandemi Covid-19 dan penurunan aktivitas di luar rumah, Pasar merupakan lokasi yang tetap dikunjungi masyarakat. Oleh karena itu, untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 ini kebersihan dan budaya mencuci tangan menjadi penting.

“Para pekerja Pertamina yang sejak minggu lalu telah melaksanakan work from home turut berempati kepada para pejuang medis yang tentunya saat pandemi Corona ini telah melakukan usaha ekstra untuk melayani para pasien, sehingga kami berharap sedikit  bantuan ini dapat memberikan semangat dan bermanfaat bagi para tenaga medis” ujar Pande Made Andi Suryawan selaku Sales Area Manager Retail Yogyakarta.

Pande juga menjelaskan Pertamina berupaya hadir bersama masyarakat dan pemerintah untuk melawan pandemi virus Covid-19 di Jawa Tengah dan DIY. "Kami sebagai perusahaan yang menjual BBM dan LPG langsung dengan masyarakat senantiasa menjaga fasilitas penjualan kami higienis dan melakukan pemeriksaan kesehatan berkala bagi petugas yang bertugas melayani masyarakat," ujar dia.

Tidak hanya menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan, para pekerja Pertamina yang berada di Jogja dan Surakarta berinisiatif untuk memberikan bantuan vitamin, makanan tambahan serta LPG bagi para tenaga medis yang bekerja di RS Moewardi Solo dan RSUP Dr Sardjito yang telah diterima oleh humas masing-masing rumah sakit pada Kamis (26/3).

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi mengatakan Pemerintah Kota mengapresiasi tindakan aktif Pertamina melalui dana corporate social responsibility (CSR) yang ikut membantu pemerintah untuk mencegah tersebarnya virus COVID-19 atau Corona ini. "Kami sangat berterima kasih atas kepedulian Pertamina untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19. Apalagi pasar merupakan pusat jual beli untuk kebutuhan pokok. Semoga dengan adanya wastafel portabel ini kebersihan akan semakin terjaga," ungkap dia.