Advertisement

Pekerja dan Pengusaha Sama-Sama Berharap Perekonomian Segera Berjalan

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 30 Juni 2020 - 13:17 WIB
Arief Junianto
Pekerja dan Pengusaha Sama-Sama Berharap Perekonomian Segera Berjalan Foto ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Rahmatullah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pekerja hingga pengusaha menghadapi tantangan yang berat dengan masih sulitnya roda ekonomi berjalan.

Ketua Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Dani Eko Wiyono berharap ekonomi dapat segera berjalan, beriringan dengan kepastian kesehatan bagi para pekerja.

Advertisement

“Kami menolak [masa perpanjangan tanggap darurat], karena kasihan para pekerja dan buruh. Pemerintah buat aturan tanpa solusi. Kami menginginkan ekonomi dan jaminan kesehatan berjalan,” kata Dani, Selasa (30/6/2020).

Dani berharap tidak ada lagi buruh yang di PHK, dan yang dirumahkan dapat kembali bekerja. “Selesaikan kewajiban pengusaha kepada buruh, siapkan prosedur standar new normal agar buruh bekerja dengan aman dan bantuan sosial diberikan kepada rakyat dan buruh terdampak. Peran aktif DPRD dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY sangat diharapkan demi kelangsungan hidup rakyat dan buruh,” ujarnya.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DIY, Hermelin Yusuf mengatakan secara umum saat ini pengusaha masih dalam kondisi yang terpuruk, dengan adanya Covid-19. “Ditambah perpanjangan masa tanggap darurat. Sampai susah saya menggambarkan dampaknya ini,” ucap Hermelin.

Dia hanya bisa berharap perekonomian pulih, para pengusaha dapat kembali beraktivitas. Para pekerja diharapkan juga dapat memahami kondisi saat ini. Sebelumnya, dia pernah mengungkapkan secara umum perusahaan siap menuju new normal, karena perusahaan-perusahaan sudah membiasakan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Dia mencontohkan setiap unit kerja protokol kesehatan diterapkan, seperti jaga jarak penggunaan masker dan pengecekan kondisi tubuh sumber daya manusia (SDM) juga diperhatikan.

Sementara soal fasilitas penunjang peningkatan kebersihan atau kesehatan SDM yang ada, imbuh dia, jika memang sudah memenuhi tidak perlu ditambahkan. Sementara untuk yang belum memenuhi, perlu ditambahkan fasilitas penunjang itu.

“Kami berharap pemerintah dapat memberikan berbagai fasilitas-fasilitas untuk mempermudah. Seperti halnya untuk perizinan, laporan rutin ke berbagai instansi terkait secara daring.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement