Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Semester I 2020 di Masa Pandemi Covid-19

Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Semester I 2020 di Masa Pandemi Covid-19Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Semester I 2020 di Masa Pandemi Covid-19. - Istimewa
18 Juli 2020 21:07 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY mengadakan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2020, Kamis (16/7/2020).

Hal ini didasarkan pada Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Keuangan Negara, Undang-undang Nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan Undang-undang Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Tanggung Jawab dan Pengelolaan Keuangan Negara, yang mengharuskan pengelolaan keuangan negara harus dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang undangan efisien, efektif, transparan dan bertanggung jawab.

Kegiatan ini diadakan untuk menjamin Laporan Keuangan yang berkualitas dan menjalankan fungsi pembinaan pada Kanwil DJPb Provinsi DIY.

Bimtek ini diadakan melalui media daring zoom cloud meeting, acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang PAPK, Eko Budiyanto yang menyampaikan bahwa untuk pelaporan keuangan di tahun 2020 ini memiliki dinamika yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pelaporan pada tahun ini banyak berhubungan dengan kegiatan penanganan pandemic Covid-19 yang sedang melanda diberbagai belahan dunia, disampaikan juga mengenai refocusing dan penyesuaian anggaran pada satker kementerian/lembaga.

Pada Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2020 ini diikuti oleh operator/penyusun Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga tingkat wilayah Kanwil DJPb Provinsi DIY.

Bimbingan teknis lebih banyak mengedepankan penggunaan Akun Covid-19 yang mana merupakan salah satu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dalam rangka penanganan Pandemi Covid-19 yang digunakan untuk memberikan kemudahan bagi satuan kerja dalam menyusun Laporan Keuangan di Tahun 2020 ini. Selain penggunaan Akun Belanja COVID-19, disampaikan juga materi mengenai CALK (Catatan Atas Laporan Keuangan) yang merupakan salah satu unsur utama dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah.

Dan untuk penyusunan laporan keuangan Semester I Tahun 2020 juga berpedoman pada S-555/PB/2020 tentang Jadwal rekonsiliasi, penyusunan dan penyampaian Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Semester I Tahun 2020, sehingga diharapkan agar laporan keuangan yang dibuat oleh satuan kerja menjadi berkualitas dan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.