UMKM Harus Mampu Jadi Sumber Kekuatan Pertumbuhan Ekonomi

UMKM Harus Mampu Jadi Sumber Kekuatan Pertumbuhan EkonomiGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia
30 Agustus 2020 19:27 WIB Ni Putu Eka Wiratmini Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA–Pertumbuhan ekonomi yang berjalan lambat harus segera diatasi dengan memaksimalkan sumber-sumber kekuatan baru. Bank Indonesia menyarankan mendorong sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi sumber baru dan kekuatan utama pertumbuhan ekonomi.

Cara yang dilakukan adalah dengan melakukan digitalisasi pada semua sekotr, termasuk di sistem pembayaran. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan pihaknya menggelar kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri pertama untuk memajukan UMKM sebagai pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baru.

Sinergi pun dilakukan antarkementerian dan lembaga untuk mendorong gelaran ini, yakni misalnya dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata, maupun Kementerian Luar Negeri agar mampu menggebrak pasar seluruh dunia.

Selain itu, Bank Indonesia juga mendukung digitalisasi sistem pembayaran UMKM melalui QR Code Indonesia Indonesian Standard (QRIS). Saat ini sebanyak lebih dari 4,3 juta UMKM di Indonesia telah teregistrasi QRIS.

"Platform digital menjadi sumbangsih, kami kembangkan digital payment dan pada acara ini ada 8.000 pengunjung dengan sebanyak 3.777 UMKM terlibat dan melalukan showcase," katanya dalam kickoff Program Bank Indonesia dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Minggu (30/8/2020).

Menurutnya, Bank Indonesia juga melakukan showcasing produk UMKM di berbagai daerah. Selain itu, juga melakukan pengembangan berbagai merchant produk UMKM di pasar tradisional.

"Termasuk sinergi pagi ini kita hadirkan para pembiacara terkemuka yang jadi sosok pengambil keputusan jadi pendukung UMKM dan hight impact seminar ini," katanya.

Sumber : JIBI/Bisnis.com