Grand Ambarrukmo Taat Protokol Kesehatan Demi Kenyamanan Tamu

Grand Ambarrukmo Taat Protokol Kesehatan Demi Kenyamanan TamuKegiatan di Grand Ambarrukmo menaati protokol kesehatan. - Ist.
18 September 2020 15:27 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Saat hotel lain sempat menutup pintu akibat diterjang pandemi Covid-19 dari bulan Maret, Grand Ambarrukmo tetap optimis dan menyambut tamu yang hadir. Masa kenormalan baru juga menjadi tantangan yang tidak kalah hebat, pasalnya ada banyak hal baru yang harus diterapkan di hotel.


Nur Laili Apriliyani Cluster Marketing Communications Grand Ambarrukmo menjelaskan merujuk pada aturan pemerintah mengenai kenormalan baru, Grand Ambarrukmo melakukan langkah-langkah efektif dalam pencegahan virus Covid-19. Hal itu terlihat dengan adanya wastafel, fasilitas tamu untuk mencuci tangan yang diletakkan di depan lobi. Dilengkapi dengan sabun, wastafel ini serba otomatis sehingga tamu tidak perlu menekan atau memutar gagang kran saat memakainya.

"Untuk tamu yang membawa kendaraan umum, pengambilan karcis pada loket pun dilengkapi dengan sensor system no-touch alias tidak perlu disentuh," ungkapnya dalam rilisnya Jumat (18/9/2020).

Grand Ambarrukmo memiliki fasilitas parkir kendaraan yang cukup luas dengan pengawasan yang ketat sehingga kendaraan tamu terjamin keamanannya. Di era kenormalan baru, seluruh staff in-charge di operasional menggunakan APD (alat perlindungan diri) untuk menjaga keamanan dan kenyamanan tamu. Setiap tamu yang memasuki area hotel juga harus melalui pengecekan suhu tubuh. Batas aman suhu tubuh normal adalah 37,3 derajat celcius, sehingga untuk tamu yang mempunyai suhu tubuh diatas itu akan diarahkan ke klinik supaya bisa istirahat terlebih dahulu.

"Grand Ambarrukmo bekerjasama dengan RS Siloam Yogyakarta dan RS Harjo Lukito dalam penanganan Covid-19. Apabila ada tamu yang teridentifikasi suhu tubuh berlebih, maka akan diarahkan ke rumah sakit tersebut," katanya.

Ia menambahkan tamu menginap juga berhak mendapatkan hygiene set pada saat check in. Hygiene set tersebut berisi hand-sanitizer, sarung tangan dan masker. Protokol kesehatan lain yang dilakukan di resepsionis adalah pembatasan antrian di depan konter. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya penumpukan tamu di satu titik.

Seluruh area hotel secara berkala dilakukan penyemprotan disinfektan. Selain itu, tersedia hand sanitizer di beberapa area publik. Demi keamanan dan kenyamanan tamu, protokol kesehatan juga dilakukan di area The Samara Restaurant. Dengan konsep casual dining, resto ini dilengkapi dengan kode QR yang bisa diakses oleh tamu untuk memilih menu makanan. Semua alat makan seperti garpu, sendok dan pisau dibungkus dengan rapi menggunakan plastik sehingga aman untuk digunakan.

"Tempat duduk dan meja diatur sedemikian rupa sehingga tetap ada batasan jarak. The Samara Restaurant yang terletak di lobi level Grand Ambarrukmo buka dari jam 06.00 sampai 22.00 WIB," ucapnya.