Di Tengah Lonjakan Corona, Pusat Anggap Jogja Sudah Siap dengan Mice

Di Tengah Lonjakan Corona, Pusat Anggap Jogja Sudah Siap dengan MiceKegiatan Mini Exhibition dan Sosialisasi Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan pada Penyelenggaraan Kegiatan Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran (Mice) di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Kamis (24/9/2020).-Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
24 September 2020 18:17 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menilai DIY telah siap dalam penyelenggaraan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), dengan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Hal itu disampaikan pemerintah Pusat di tengah melonjaknya kasus positif Covid-19 di wilayah ini.

“Jogja sangat siap sangat bagus. Di sosial media banyak sekali juga tentang kesiapannya. Tetapi kembali lagi ke Pemerintah Daerah yang menentukan siap atau tidaknya,” kata Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran, Masruroh, disela Mini Exhibition dan Sosialisasi Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan pada Penyelenggaraan Kegiatan Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran (Mice) di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Kamis (24/9/2020).

Ke depan dikatakannya daerah-daerah akan dikembangkan potensi lokalnya. Seperti halnya DIY akan dikembangkan sesuai dengan kekuatan lokalnya, dicontohkannya DIY kuat di budaya dan pendidikan. Sehingga kedepan akan dibuat paket atau penawaran dengan potensi-potensi tersebut.

Dikatakannya di masa pandemi ini Micememang sangat terdampak penurunannya. Oleh karenanya Kemenparekraf diungkapkannya juga membantu untuk menyiapkan dengan adaptasi kebiasaan baru.

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY, Singgih Raharjo mengungkapkan Mice memang menjadi salah satu penggerak ekonomi. “Kontribusinya memang tinggi sebenarnya. Kalau orang habis meeting dan sebagainya itu kan biasanya juga sekalian berwisata belanja. Jadi spendingnya tinggi,” kata Singgih.


Singgih mengungkapkan masa pandemi Covid-19 ini, seperti hotel telah menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Secara umum juga telah siap melaksanakan Mice. “Mice sudah mulai jalan terus memang protokol ketat standarisasi hotel. Yang perlu jadi perhatian mungkin ketika sebelum atau sesudah kegiatan, atau coffee break bagaimana menjaga physical distancing. Perlu dirumuskan bersama,” ujarnya.