Advertisement

Mindbrewing: Mengenal Kopi Lebih Dalam bersama Inspira Roasters

Media Digital
Jum'at, 02 Oktober 2020 - 17:27 WIB
Sunartono
Mindbrewing: Mengenal Kopi Lebih Dalam bersama Inspira Roasters Pelatihan coffe cupping. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Membuat secangkir kopi yang penuh dengan aroma dan rasa, terdapat serangkaian proses panjang dibalik itu. Biji kopi yang telah dipanen, pertama-tama di-roasting terlebih dahulu, lalu diuji dengan proses cupping.

Proses cupping, bisa dibilang sebagai tahap untuk menguji rasa kopi, tetapi banyak juga yang menyebut bahwa proses ini merupakan seni menilai secangkir kopi. Biasanya cupping dilakukan oleh penggiat kopi profesional, seperti barista, roaster, hingga eksportir kopi.

Advertisement

Marketing Communication Gaia Cosmo Fathiyyah Fairuz menjelaskan dalam rangka memperingati Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober 2020, Inspira Roasters membuat serangkaian acara berjudul Mindbrewing, yang terdiri dari 2 sesi, yaitu Basic Coffee Class dan Expert Talk. Sesi pertama merupakan kerja sama dengan IHGMA  (Indonesia Hotel General Manager Association) DPD Yogyakarta, dilaksanakan pukul 10.00 - 13.00 WIB. Basic Cofee Class dipandu oleh Imam Alfaqih, selaku Senior Barista sekaligus Roaster di Inspira Roasters.

“Materi yang disampaikan ialah teori dasar mengenai kopi, mulai dari sejarah, perbedaan kopi arabica dan robusta, peta kopi dunia dan Indonesia, roasting, cupping, hingga latte art,” terangnya dalam rilis kepada Harianjogja.com, Jumat (2/10/2020).

Ia menambahkan tidak hanya teori, kelas tersebut juga memberi kesempatan kepada seluruh peserta untuk langsung praktik cupping dan membuat latte art. Peserta juga membawa pulang sertifikat, Inspira Icon Tumbler, serta premium drip coffee sachet.

Di sore hari, bertempat di pool side area GAIA Cosmo Hotel Yogyakarta, diadakan sesi 2, yaitu Expert Talk dengan tajuk The Multiplier Effect of Coffee Trend on Yogyakarta Hospitality Industry. Panelis berasal dari komunitas kopi BKVRYK, kopiparti, serta Inspira Roasters.

“Acara tersebut dihadiri oleh komunitas kopi di Yogyakarta, pemilik coffee shop, dan media kopi, juga disiarkan secara langsung di instagram @inspiraroasters,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement