Dengan Program Ini, Olifant Dampingi Siswanya Pilih Kampus yang Tepat

Dengan Program Ini, Olifant Dampingi Siswanya Pilih Kampus yang TepatTangkapan layar saat digelarnya University Preparation Program Olifant High School, belum lama ini. - Istimewa/Olifant
04 November 2020 16:37 WIB Arief Junianto Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Olifant High School (OHS) terus berupaya menyiapkan siswa-siswanya sejak dini untuk mengenali kemampuan, minat dan bakat mereka supaya lebih dapat mengarahkan dengan sesuai potensi mereka.

Head of Creative Program Development OHS Mariana Hastuti mengatakan sejak awal siswa masuk ke OHS, mereka telah mengikuti observasi potensi dasar di mana orang tua dan siswa mendapatkan gambaran umum untuk mengarahkan program kelas peminatannya.

Kelanjutan dari program tersebut, kata dia, adalah University Preparation Program yang dapat diikuti siswa OHS mulai dari Kelas X. “Kegiatan ini diadakan dengan tujuan memberikan pembekalan, pemahaman potensi diri, dan membuka wawasan untuk merencanakan kelanjutan studi mereka di pendidikan tinggi,” ucap dia melalui siaran pers, Rabu (4/11/2020).

Pada intinya, University Preparation Program merupakan bagian pengembangan kurikulum life skills character OHS yang dirancang khusus untuk mendampingi siswa dalam mengenali potensi dan karakter dirinya.

Dia menjelaskan University Preparation Program terdiri dari dua rangkaian kegiatan, yaitu Bimbingan Karier dan Tes Bakat Minat. Dalam sesi Bimbingan Karier diampu oleh psikolog Mariani Sutanto dan guru Bimbingan Konseling SMA Olifant, siswa mendapatkan pengetahuan, informasi dan gambaran mengenai berbagai jenis jurusan di universitas. Selain itu mereka juga dipaparkan berbagai jenis pekerjaan atau karier di masa mendatang dan kaitannya dengan penjurusan di universitas.

“Selain itu University Preparation Program juga menghadirkan beberapa narasumber yang membagikan pengalaman studi mereka di beberapa universitas baik di dalam maupun di luar negeri. Mereka berasal dari berbagai bidang pendidikan misalnya dari teknik, Hubungan Internasional, Manajemen Bisnis, dan berbagai bidang lain,” kata Mariana.

Selain itu, tes bakat minat lanjutan juga akan diikuti oleh para siswa Kelas XI untuk mengukur potensi dasar, karakter, dan bidang ketertarikan siswa di mana dapat digunakan untuk melengkapi referensi dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi. Tentu saja, tes itu dilakukan dengan memperhatikan kesesuaian potensi dengan tujuan jurusan yang akan mereka pilih baik untuk universitas maupun proyeksi karier di masa mendatang. “Tes ini diadakan secara online dari ICAN bekerja sama dengan PSB Academy Singapore,” kata dia.