Olifant Bagikan Paket Belajar Menyenangkan untuk Anak

Olifant Bagikan Paket Belajar Menyenangkan untuk AnakTangkapan layar saat dilakukannya kegiatan Tie Dye oleh Olifant Preschool, belum lama ini. - Istimewa/Olifant
18 November 2020 20:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Olifant Preschool memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak dengan sistem pembelajaran experiential learning, di tengah pandemi Covid-19.

Head of Creative & Program Development, Mariana Hastuti, mengatakan salah satu cara adalah dengan penyediaan paket belajar. Paket yang berisi berbagai materi kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Interactive Online Learning Class [IOLC] tersebut disediakan oleh sekolah dan bisa diperoleh secara free oleh orang tua,

“Kegiatan yang baru-baru saja dilakukan berupa kegiatan eksperimen science melalui pembuatan Tie Dye dan Playdough yang aman untuk anak. Kegiatan ini merupakan bagian dari paket belajar yang secara reguler diberikan kepada anak-anak untuk kegiatan online learning,” ucap Mariana, Rabu (18/11/2020).

Kegiatan Playdough Maker dilakukan langsung oleh scientist kecil Olifant Preschool di rumah masing-masing. Mereka belajar mencampur berbagai macam bahan untuk membuat playdough, salah satu bahannya adalah tepung, sehingga aman untuk anak-anak.

Mereka secara tidak langsung belajar perubahan benda dari bahan-bahan playdough yang dicampur oleh anak-anak, sekaligus juga melatih motorik halus ketika mencampur bahan-bahan tersebut untuk mempersiapkan keterampilan menulis bagi anak.

Sementara di kegiatan Amazing Tie Dye, anak-anak kelas playgroup belajar konsep mengenai mencelup. Konsep science sederhana yang diperkenalkan salah satunya pencampuran berbagai warna untuk menjadi warna baru.

Proses peresapan warna juga hal lain yang dipelajari anak-anak melalui kegiatan ini. Selain keterampilan ini, kreatifitas anak-anak juga dieksplorasi dalam menciptakan motif-motif sesuai dengan keinginan mereka. Hasil akhir dari Tie Dye ini berupa kain motif jumputan yang dapat dipergunakan anak-anak untuk sapu tangan, pajangan, atau dipergunakan untuk yang lain.

Kegiatan yang dilakukan melalui online learning perlu dilaksanakan secara menarik dan dapat melibatkan anak-anak dengan aktif. Pengiriman paket belajar kepada anak-anak sangat membantu guru, orang tua dan yang terutama adalah anak-anak untuk dapat belajar mengikuti atau melaksanakan kegiatan secara mandiri. “Meski tentu saja pendampingan atau bantuan pengarahan dari orang tua tetap diperlukan,” ucap dia.

Dari testimoni atau masukan dari orang tua, kata Mariana, penyediaan paket belajar dari sekolah sangat membantu karena anak-anak dapat mengikuti kegiatan dengan materi yang sudah disediakan.

Selain dapat dinikmati oleh siswa-siswi Olifant, kegiatan semacam ini juga dapat diikuti oleh anak-anak yang ingin mengikuti kegiatan Interactive Online Learning melalui trial class yang diselenggarakan secara reguler dan terbuka untuk umum.