Asyik, Produk UMKM Jogja Sekarang Sudah Masuk Indomaret

Asyik, Produk UMKM Jogja Sekarang Sudah Masuk IndomaretWali Kota Jogja, Haryadi Suyuti (kedua dari kanan) dan Branch Manager PT Indomarco Prismatama Cabang Jogja, Suharsan (kedua dari kiri) saat acara Launching Produk UMKM Jogja, di Indomaret Jalan Cendana No.36, Semaki, Umbulharjo, Jogja, Selasa (15/12/2020). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
16 Desember 2020 10:27 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti menyambut baik langkah Indomaret yang menggandeng pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jogja.

“Apresiasi luar biasa untuk Indomaret. Produk UMKM Jogja kini sudah bisa ditemukan di Indomaret. Produk UMKM ini sudah melalui kurasi, artinya sudah memenuhi standar yang diajukan Indomaret,” ucap Haryadi, dalam acara Launching Produk UMKM Jogja, di Indomaret Jalan Cendana No.36, Semaki, Umbulharjo, Selasa (15/12/2020).

Haryadi mengapresiasi Indomaret yang bersedia memberi akses pada produk UMKM Jogja di lebih 50 gerai Indomaret. Menurutnya akses pemasaran sangat penting bagi UMIM. Pasalnya selama ini kebanyakan UMKM masih terkendala akses pemasaran.

Diharapkan Haryadi nantinya semakin banyak UMKM di Jogja yang terfasilitasi untuk dapat memasarkan produknya di Indomaret. Dia juga mengingatkan pada UMKM untuk selalu menjaga kualitas, termasuk izinnya.

Diharapkan dengan langkah awal ini omzet pelaku UMKM juga dapat meningkat. “Penting mencatat jumlah laku berapa, selera pasar yang menonjol apa. Terus lakukan evaluasi. Terus semangat berkreasi memproduksi yang disukai masyarakat,” ujarnya.

Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinkop UKM Nakertrans) Kota Jogja, Kadri Renggono menambahkan di tengah pandemi Covid-19 ini kolaborasi memang sangat penting. Ia juga mengapresiasi langkah dari Indomaret yang menggandeng UMKM di Kota Jogja.

Terdapat belasan produk UMKM dari Kota Jogja yang telah masuk di Indomaret. Branch Manager PT Indomarco Prismatama Cabang Jogja, Suharsan mengatakan UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi, di tengah pandemi ini banyak UMKM yang terdampak.  Indomaret dalam hal ini juga berupaya mendorong UMKM. “Inisiatif kami membranding pelaku UMKM Jogja,” ucap Suharsan.