Tahun Segera Berganti, Ini Harapan Tokoh Tionghoa DIY

Tahun Segera Berganti, Ini Harapan Tokoh Tionghoa DIY Ketua BKPBT DIY Jimmy Sutanto (keempat dari kiri) berfoto bersama para pemenang lomba Hanyu Qia berfoto, Minggu (9/2). - Istimewwa/BKPT DIY
31 Desember 2020 02:27 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Tokoh Tionghoa yang merupakan Ketua I Jogja Chinese Arts & Culture Centre (JCACC), Jimmy Sutanto mengharapkan solidaritas masyarakat untuk menghadapi pandemi Covid-19 tetap terjaga di 2021.

“Tolong menolong, solidaritas untuk menghadapi pandemi Covid-19 harus terus dijaga. Kepatuhan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 juga harus dijaga. Ini agar ekonomi dapat membaik juga,” ucap Jimmy, Rabu (30/12/2020).

Jimmy mencotohkan banyak solidaritas-solidaritas yang dilakukan masyarakat yang ada di tingkat desa. Seperti ketika ada yang isolasi, dibantu untuk mencari kebutuhan sehari-hari. Tindakan-tindakan seperti itu yang seharusnya banyak dilakukan oleh masyarakat.

JCACC, kata dia, juga ikut mengambil peran membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, dengan sejumlah bantuan beberapa waktu yang lalu. Seperti salah satunya bersama dengan Ikatan Alumni SMP Pangudi Luhur (Ikalpanglu), Bakti Tunas Karya (BTK) dari pramuka, Koko Cici Jogja, mereka menyalurkan kepada masyarakat di Sleman, Bantul, dan Kulonprogo.

Dia mengatakan beberapa agenda tahun ini juga tidak dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya untuk menghindari kerumunan orang. Dimungkinkan juga pada 2021 ini sejumlah agenda akan dilaksanakan secara terbatas.

“Menurut saya yang utama tetap kesehatan dulu kita, bersama-sama untuk mencegah Covid-19 ini. Terdekat ini kan agenda Imlek, masih menunggu akan seperti apa. Terpenting tetap menjaga kesehatan itu,” ujarnya.