Doa Awal Semester, Cara Olifant School Pupuk Kecerdasan Spiritual Anak

Doa Awal Semester, Cara Olifant School Pupuk Kecerdasan Spiritual AnakTangkapan layar saat digelarnya doa bersama secara virtual oleh Olifant School menandai awal semester proses belajar, belum lama ini. - Istimewa/Olifant School
13 Januari 2021 21:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Kecerdasan spiritual dinilai bisa membantu mengembangkan kepekaan jiwa anak. Selain itu juga bisa mendidik anak untuk mengenali kelebihan dan kekurangan dirinya, membantu mengenali hal baik dan hal buruk sehingga akan menunjang dirinya dalam mengambil keputusan yang tepat.

“Memiliki kecerdasan spiritual dapat membantu anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, memiliki kepekaan terhadap orang lain, mampu menghadapi kegagalan hidup, mendorongnya untuk mencapai cita cita sesuai dengan visi hidupnya,” kata Principal of Olifant High School, Puspita Dewi, melalui siaran pers yang diterima Harianjogja.com, Rabu (13/1/2020).

Salah satu kegiatan sekolah yang dilaksanakan Olifant School untuk mengembangkan kemampuan serta kecerdasan spiritual adalah melalui kegiatan doa awal semester yang rutin dilakukan untuk membuka semester atau tahun ajaran. Mengingat sekarang masih dalam situasi pandemik, acara doa bersama juga dilakukan secara online.

Semester ini Olifant School mengambil tema The Power of Prayer. Melalui tema tersebut, Olifant School membangun semangat, harapan serta memupuk doa agar situasi semakin membaik sehingga Indonesia dan dunia bisa segera dapat pulih kembali.

Selain itu, Olifant School mengajak seluruh civitas academica untuk bersyukur dalam menghadapi situasi ini, dan selalu mengucapkan terimakasih untuk segala kesehatan dan kelancaran proses kegiatan belajar mengajar.

Acara doa awal semester dilaksanakan oleh masing-masing agama yang mayoritas diyakini oleh warga sekolah yaitu Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha. Masing-masing agama membuat sebuah rangkaian acara keagamaan dan ibadah, yang diisi dengan renungan serta refleksi masing-masing siswa melewati semester I, serta harapan di semester II.

“Melalui acara doa awal tahun ini diharapkan sesama warga sekolah dapat saling menguatkan dan mendukung agar tetap kuat dalam menghadapi berbagai situasi ke depan,” ucap dia.

Doa awal semester dan awal tahun merupakan kegiatan rutin sekolah yang biasanya diadakan bersama baik dari peserta didik, guru, hingga orangtua di tempat ibadah yang berada di lingkungan Olifant School. “Kegiatan ini penting dilakukan karena selain membangun perkembangan spiritual anak, juga sebagai bentuk penghargaan dan toleransi atas keragaman di Olifant School.”