Ini Cara Olifant School Upayakan Perkembangan Anak secara Utuh & Menyeluruh

Ini Cara Olifant School Upayakan Perkembangan Anak secara Utuh & MenyeluruhSalah satu kegiatan siswa Olifant saat mengikuti enrichment broadcasting, belum lama ini. - Istimewa/Olifant School
20 Januari 2021 14:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sekolah yang mampu memberikan keseimbangan bagi peserta didik akan sangat berguna bagi perkembangan mereka serta menjadi bekal beragam sesuai dengan minat dan bakat anak (peserta didik).

Principal of Olifant Elementary (Kepala SD Olifant), Sekar Dwi Cahyaningrum mengatakan dalam menyediakan program pembelajaran Olifant School, sejak tingkatan kindergarten hingga Olifant High School (OHS) selalu mempertimbangkan perkembangan anak secara utuh. “Perkembangan itu baik dari kognitif, bahasa, motorik maupun psikologis,” ucap dia melalui siaran pers, Rabu (20/1/2021).

Kegiatan enrichment (ekstrakurikuler), kata dia, merupakan salah satu program yang dipersiapkan khusus oleh tim kurikulum dan pengembangan untuk memberikan wadah bagi siswa supaya mendapatkan kesempatan bereksplorasi dengan berbagai bidang keterampilan yang dapat menunjang minat dan bakatnya.

Sekar mengatakan dalam program enrichment, selain pengembangan keterampilan, juga mengembangkan life skills dan character building anak. Pasalnya sebagian besar kegiatan dalam program enrichment dikemas variatif agar peserta didik mendapatkan kesempatan untuk mencoba berbagai macam hal.

“Masih dalam bentuk kegiatan pembelajaran jarak jauh, program enrichment tetap dapat berjalan dengan sangat baik. Bahkan melahirkan kegiatan-kegiatan kreatif baru yang dirancang sedemikian rupa supaya tetap menarik bagi para peserta didik,” ucap dia.

Beberapa alternatif kegiatan dalam program enrichment, kata dia, dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar yaitu language based, motoric based, dan technology based.

Di semester ini, kata dia, diluncurkan pula program baru yaitu enrichment broadcasting. Program ini dipilih sebagai salah satu program unggulan karena Olifant High School khususnya menyediakan ruang multimedia dan broadcasting khusus yang dilengkapi dengan studio Olifant TV, studio Olifant Radio, studio foto hingga ruang kontrol yang dapat dipergunakan untuk siaran langsung maupun rekaman.

“Program perdana kali ini akan difokuskan pada pengenalan mengenai siaran dan perekaman berita. Selama mengikuti program ini mereka akan belajar tentang public speaking, cara pengambilan gambar, mengedit video, mengisi suara dan lain sebagainya,” ucap dia.

Sementara untuk enrichment technology based diaplikasikan pada level elementary dan OHS. Jenis kegiatan yang disediakan antara lain music technology, coding, computational thinking, pixel art, kids drawing, basic design, dan desain grafis.

Adapun enrichment language based menyediakan program antara Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, English Proficiency, Bahasa Korea, Italian with Fun, dan Bahasa Jerman. “Yang tidak kalah menarik adalah enrichment motorik based yang terdiri dari program seperti basket, dansa, fun fitness ataupun yoga yang hingga kini masih dilakukan secara virtual.”