Penelitian: Orang Indonesia Makin Doyan Belanja Online

Penelitian: Orang Indonesia Makin Doyan Belanja OnlineIlustrasi belanja online - Istimewa
04 Mei 2021 23:27 WIB Mia Chitra Dinisari Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menurut survei Visa, adaptasi kebiasaan baru akibat pandemi Covis-19 telah mendorong banyak konsumen Indonesia untuk mempertimbangkan platform e-commerce sebagai sarana ideal untuk membayar kebutuhan mereka, dengan top-up dan pembayaran tagihan sebagai kategori yang paling banyak digunakan.

Menurut studi tersebut, tiga produk dan layanan terpopuler yang dibeli di platform e-commerce selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah top-up dan pembayaran tagihan (49%), belanja ritel (45%), dan pemesanan makanan (34%). Pengiriman gratis (69%) dan voucher diskon (64%) adalah fitur penawaran eCommerce yang paling dicari konsumen saat melakukan pembelian.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia, mengatakan, pandemi saat ini terus mengakselerasi pergeseran menuju perdagangan yang mengutamakan digital, diperkuat oleh terjadinya lonjakan first-time online shoppers dan belanja contactless. Studi kami menunjukkan banyak konsumen telah merasakan manfaat e-commerce dalam mengelola transaksi sehari-hari mereka, termasuk membayar listrik, air, telepon rumah, telepon seluler, internet, dan tagihan berlangganan lainnya.”

Studi tersebut juga mengungkapkan tiga metode pembayaran e-commerce terpopuler selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah dompet digital (65%), transfer bank (30%), dan transfer ke akun virtual (27%). Sementara itu, pembayaran dengan kartu kredit dan debit terus diminati di platform e-commerce didorong penawaran diskonnya yang menarik.

Survei dilakukan online oleh YouGov, disponsori oleh Visa, pada 19-23 November 2020 yang melibatkan 2.146 responden Indonesia. Sampel responden mewakili penduduk Indonesia usia dewasa di atas 18 tahun dengan kategorisasi berdasarkan umur, jenis kelamin, status sosial ekonomi, tier kota, status pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Survei responden di antaranya seputar perilaku berbelanja di e-commerce, kebiasaan berbelanja, dan sentimen terhadap produk lokal.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia