Mendekati Lebaran, Konter Ponsel di Jogja Masih Sepi Pembeli

Mendekati Lebaran, Konter Ponsel di Jogja Masih Sepi PembeliSejumlah konter handphone di ground floor Ambarukmo Plaza terpantau sepi, Selasa (11/5/2021) pagi. - Harian Jogja/Lugas Subarkah
12 Mei 2021 07:17 WIB Lugas Subarkah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Meski telah semakin mendekati lebaran, sejumlah konter handphone masih terpantau sepi. Di ground floor Ambarukmo Plaza misalnya, beberapa penjual mengeluhkan pembelian yang belum banyak.

Karyawan Bimasena Phone, Ari, mengatakan konsumen handphone untuk saat ini biasanya mulai ramai pada sore dan malam hari. "Kalau sebelum pandemi, menjelang lebaran, siang seperti ini juga sudah lumayan ramai," katanya, Selasa (11/5/2021).

Kendati demikian ia mengakui jika dibanding Ramadan tahun sebelumnya, Ramadan kali ini masih lebih baik penjualannya. Ia memperkirakan jika Ramadan 2020 hanya sekitar 15% dari kondisi normal, penjualan pada Ramadan kali ini berkisar 30%.

Baca juga: Idulfitri Ditetapkan Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Saat ini rata-rata penjualan adalah sekitar tiga unit per hari. Jumlah ini menurutnya masih sangat sedikit. Beberapa hari bahkan sempat tidak ada penjualan sama sekali. "Kadang sehari sama sekali ga ada penjualan," katanya.

Di konternya, ia menjual handphone baru dan bekas. Keduanya menurutnya sama saja pada penjualan kali ini. Adapun merek yang banyak dicari menurutnya cukup rata semua merek, baik low end maupun high end.

Sedikit berbeda dengan Ari, karyawan counter handphone Tahaki, Dwiyan, mengatakan Ramadan kali ini justru lebih sepi dibanding tahun sebelumnya. Hal ini menurutnya disebabkan adanya kebijakan pemberlakuan pengetatan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Mulai Januari kemaren merosot karena PPKM. Mal waktu itu tutup jam 19.00 WIB. Terus sekarang mungkin orang-orang tahunya masih tutup jam segitu, padahal sekarang sudah buka sampai jam 22.00 WIB," ujarnya.

Ia tidak bisa membandingkan berapa persen perbedaan penjualan pada Ramadan tahun ini dengan tahun sebelumnya. Tapi dari jumlah traffic atau kunjungan menurutnya juga sudah terlihat lebih banyak tahun lalu.