2021, Telkomsel Targetkan Layanan VoLTE Jangkau 230 Kota

2021, Telkomsel Targetkan Layanan VoLTE Jangkau 230 KotaIlustrasi tiang dengan peralatan 5G. - Bloomberg/Stefan Wermuth
23 Mei 2021 08:47 WIB Leo Dwi Jatmiko Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi selular menargetkan perluasan pergelaran jaringan Voice over LTE atau panggilan suara berbasis jaringan LTE hingga 230 kota pada tahun ini.

Jumlah kota yang terjangkau dengan VoLTE Telkomsel bertambah sekitar 182 kota dibandingkan dengan pencapaian 2020. Perluasan cakupan VoLTE ini juga merupakan bagian dari upaya Telkomsel dalam mengakselerasi 5G.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan perluasan ketersediaan akses dan pengembangan VoLTE menjadi salah satu komitmen perseroan dalam menghadirkan teknologi jaringan terdepan kepada para pelanggan.

“Diharapkan, layanan VoLTE dapat membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan produktivitas dalam menjalani keseharian,” kata Nugroho dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Sabtu (22/5/2021).

Nugraha menambahkan pengembangan layanan VoLTE juga menjadi bagian dari upaya Telkomsel dalam mempercepat peralihan layanan 2G dan 3G ke 4G/LTE, yang diharapkan dapat mengakselerasi penyelenggaraan layanan 5G di Indonesia.

Teknologi jaringan VoLTE menjadi medium penting dalam mematangkan Indonesia untuk mengimplementasikan teknologi 5G yang akan memberikan nilai tambah bagi pelanggan dalam menikmati layanan Telkomsel.

“Ke depan, kehadiran 5G akan meningkatkan pengalaman yang bukan hanya memungkinkan pengguna melakukan panggilan berbasis VoLTE, melainkan juga Voice over New Radio (VoNR),” kata Nugroho.

Perluasan cakupan layanan VoLTE, Telkomsel turut memperkuat kolaborasi bersama mitra perangkat ponsel pintar yang telah memiliki ragam produk yang mendukung teknologi VoLTE, di antaranya Samsung, Huawei, Vivo, Xiaomi, Oppo, Advan dan Evercoss. Total, ada lebih dari 50 tipe smartphone yang sudah mendukung layanan VoLTE terdepan dari Telkomsel.

Telkomsel mengeklaim hingga kini, sekitar 1 juta pelanggan sudah menjadi pengguna aktif VoLTE. Jumlah tersebut ditargetkan dapat naik signifikan seiring diperluasnya area coverage layanan VoLTE di tahun ini.

Sumber : bisnis.com