Grab Jalin Kerja Sama dengan Emtek Group

Grab Jalin Kerja Sama dengan Emtek GroupKonferensi Pers Virtual: Peresmian Kerja Sama Strategis Grab dan Emtek Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital, Senin (26/7/2021)-Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
26 Juli 2021 19:57 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Grab berkolaborasi dengan Emtek Group mendorong percepatan transformasi digital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai upaya memperluas inklusi digital dan keuangan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan pihaknya bersama dengan Emtek berkeinginan menghadirkan solusi digital, untuk mempercepat pemulihan ekonomi. “Tujuannya untuk memperluas inklusi digital dan finansial yang menjangkau semua,” ujar Neneng, dalam Konferensi Pers Virtual: Peresmian Kerja Sama Strategis Grab dan Emtek Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital, Senin (26/7/2021).

Diharapkan dengan kolaborasi ini dapat menjangkau semua UMKM tanpa terkecuali. Pasalnya saat ini potensi UMKM di Indonesia sangat besar. 60% PDB Indonesia berasal dari UMKM, 97% penyerapan tenaga kerja di Indonesia berasal dari UMKM. Sementara hingga saat ini baru 21% UMKM yang terdigitalisasi.

“Tahap awal kami akan menghadirkan Festival Kota Mapan, Kolaborasi nyata untuk masa depan. Semangat berkolaborasi transformasi jutaan UMKM tingkat Kabupaten, Kota. Pertama akan dilakukan di Solo pada September nanti,” ujarnya.

Managing Director, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek Group), Sutanto Hartono mengharapkan juga dengan kolaborasi ini, bisa menjangkau lapisan masyarakat lebih luas lagi. “Hantaman Covid-19 ini, pembatasan. UMKM harus mampu beradaptasi dengan platform digital,” ucap Sutanto.

Dia mengatakan kolaborasi ini menjalankan komitmen, pemberdayaan, pelatihan dan pemberian akses digital. Menurutnya banyak UMKM yang berkualitas, namun saat ini terbatas akses digitalnya. Diharapkan dengan kolaborasi ini mampu, mengurangi masalah itu. “Harapan kami ekonomi bangkit, mandiri, UMKM motor penggerak utama perekonomian,” ujarnya.

BACA JUGA: Menkes Sebut BOR Rumah Sakit di DKI dan Jabar Turun, DIY dan Bali Naik

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki menyambut baik kolaborasi Grab dan Emtek Group. Diharapkan hadirnya kolaborasi ini mampu memberi dampak bagi Indonesia khususnya UMKM.

“Akselerasi transformasi digital, diharapkan mendukung tercapainya 30 juta pelaku UMKM masuk ekosistem digital pada 2024. Aspek digital tidak sebatas menghadirkan pelaku usaha dalam platform digital, termasuk peningkatan kualitas. Poin tersebut juga telah menjadi perhatian. Diharapkan melahirkan ide maupun inovasi digital,” ujar Teten.

Senada, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyambut baik kolaborasi ini. “Selamat kemitraan strategis, kami memberi dukungan. Terlebih di masa pandemi pola perilaku masyarakat beralih ke online. Harapan mendukung pemulihan dan pemerataan ekonomi di tanah air,” ucapnya.