CIMB Niaga Bangun Optimisme melalui Digitalisasi Perbankan

CIMB Niaga Bangun Optimisme melalui Digitalisasi PerbankanSales dan Distribution Regional Head Jawa Tengah PT Bank CIMB NiagaTbk (CIMB Niaga), Ting Ananta Setiawan - Istimewa/CIMB Niaga
18 Agustus 2021 00:37 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pandemi COVID-19 memberikan tantangan tersendiri bagi industri perbankan di Tanah Air. Berbagai langkah antisipasi dan adaptasi mutlak dilakukan agar tetap bisa bertahan dan memberikan layanan prima serta yang terbaik kepada masyarakat.

Sales dan Distribution Regional Head Jawa Tengah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) Ting Ananta Setiawan mengatakan setidaknya ada dua hal yang dihadapi perbankan sejak awal pandemi. Pertama, berubahnya perilaku masyarakat dalam melakukan kegiatan perbankan, serta yang kedua adalah melemahnya permintaan kredit, terutama pada sektor komersial dan korporasi. Menurutnya, dalam menghadapi kondisi tersebut, sektor perbankan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah melakukan langkah antisipasi dan adaptasi, sehingga dapat terus bertahan dan memberikan layanan terbaik kepada nasabah.

“Situasi saat ini mendorong perubahan perilaku masyarakat, dari yang sebelumnya banyak berkegiatan di tempat publik, kini mayoritas lebih memilih beraktivitas dari rumah dan menggunakan layanan digital. Kondisi tersebut dimanfaatkan secara agile oleh perbankan untuk menggenjot kapabilitas teknologi melalui digitalisasi,” ujar Ting Ananta kepada Harian Jogja, Jumat (13/8/2021).

Sebagai bank digital terdepan di Indonesia, CIMB Niaga merespons perubahan-perubahan tersebut dengan gencar berinovasi digital. Hal ini dilakukan untuk menghadirkan solusi bagi masyarakat agar dapat mengakses produk dan layanan perbankan kapan saja, tanpa harus datang ke kantor cabang.

Selain itu, akselerasi digital juga dilakukan, di antaranya dengan terus meningkatkan kemampuan aplikasi digital banking yang dimilikinya, yakni OCTO Mobile yang dikembangkan menjadi Super App.

“Kami optimistis bahwa dengan mengembangkan kanal digital secara berkelanjutan, seperti yang kami lakukan pada OCTO Mobile, dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi nasabah untuk bertransaksi dan tetap produktif dalam kondisi apapun, termasuk di masa pandemi seperti saat ini,” kata Ting Ananta.

Tetap produktif dengan OCTO Mobile

CIMB Niaga telah membekali OCTO Mobile dengan fitur yang lengkap. Dengan begitu, nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan dengan sehat dan aman. “OCTO Mobile dapat menjadi solusi bagi nasabah yang membutuhkan layanan perbankan langsung dari ponsel di genggaman tangan. Mulai dari menabung, bertransaksi, berinvestasi, meminjam dana sesuai kebutuhan, serta layanan penunjang lainnya,” ujar Ting Ananta.

Untuk kebutuhan tabungan, misalnya, OCTO Mobile menyediakan beragam jenis tabungan, termasuk tabungan berjangka dan tabungan valuta asing (valas) baik konvensional maupun syariah.

Masyarakat yang belum memiliki tabungan, imbuh Ting Ananta, dapat membuka tabungan pertama secara praktis di OCTO Mobile. Pasalnya, seluruh proses verifikasi dilakukan melalui aplikasi. “Setelah membuka tabungan, nasabah dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di OCTO Mobile. Di antaranya, transfer tanpa biaya ke bank lain sebanyak 20 kali per bulan, Top- Up e-Wallet tanpa biaya hingga 20 kali per bulan ke berbagai e-wallet populer, serta 20 kali tarik tunai tanpa biaya di ATM bank mana saja,” ucap Ting Ananta.

Selain itu, nasabah bisa menggunakan OCTO Mobile untuk membayar beragam tagihan, seperti Kartu Kredit, telepon, angsuran, hingga Pajak Kendaraan Bermotor. “Tarik setor tunai tanpa kartu di seluruh ATM CIMB Niaga pun bisa dilakukan secara praktis melalui OCTO Mobile,” ucap Ting Ananta.

Sementara bagi nasabah yang ingin berinvestasi atau membeli proteksi juga bisa difasilitasi melalui OCTO Mobile. CIMB Niaga menyediakan beragam produk investasi mulai dari reksa dana, obligasi, dan deposito berjangka.

Tak hanya itu, untuk kebutuhan proteksi, OCTO Mobile juga menyediakan fitur pembelian asuransi jiwa, kesehatan, perjalanan, dan asuransi pencurian. Sebagai Super App, lanjut Ting Ananta, OCTO Mobile juga dapat dimanfaatkan oleh nasabah untuk mengajukan dan mengelola pinjaman. Nasabah terundang bisa mengajukan pembuatan Kartu Kredit, kredit tanpa agunan (KTA), atau pinjaman sesuai limit yang ada di Kartu Kredit. Pemegang Kartu Kredit CIMB Niaga juga bisa melihat transaksi, tagihan, mengunduh e-statement, blokir dan buka blokir kartu, serta mengubah transaksi Kartu Kredit menjadi cicilan tetap 0% selama 3 dan 6 bulan untuk transaksi mulai dari Rp300 ribu.

Selain itu, OCTO Mobile pun memfasilitasi pembayaran tanpa kontak fisik lewat fitur Scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) bagi nasabah yang harus keluar rumah dan berbelanja.

Nasabah bisa menggunakan OCTO Mobile untuk bertransaksi menggunakan sumber dana Tabungan, Kartu Kredit atau Rekening Ponsel di seluruh merchant yang menyediakan QRIS. Fitur ini memudahkan masyarakat untuk membayar belanja hingga berdonasi.
“Kami terus memperluas kerja sama QRIS dengan merchant-merchant seperti pusat perbelanjaan (groceries), hotel, rumah sakit, restoran, usaha kecil dan menengah (UKM), ritel, tempat ibadah, serta lembaga bantuan sosial keagamaan. Kami berharap masyarakat semakin percaya diri memanfaatkan layanan digital, sekaligus mendorong transaksi digital khususnya di DIY,” ujar Ting Ananta.

Penawaran terbaru dari OCTO Mobile

Di tengah pandemi Covid-19, nasabah dapat memanfaatkan OCTO Mobile untuk mengelola transaksi keuangan dengan baik.

Melalui OCTO Mobile, transaksi yang telah dilakukan menggunakan Kartu Kredit atau sumber dananya dari Kartu Kredit dapat diubah menjadi cicilan 0% dengan tenor 3 atau 6 bulan tanpa biaya administrasi lagi. Dengan begitu, nasabah dapat mengatur pengeluaran bulanan secara lebih terencana sesuai dengan kondisi keuangannya. Kesempatan tersebut berlaku bagi nasabah yang bertransaksi di toko offline maupun online menggunakan metode Scan QRIS OCTO Mobile dengan sumber dana dari Kartu Kredit atau transaksi dengan Kartu Kredit. Adapun nominal transaksi mulai dari Rp300 ribu pada periode program hingga 30 September 2021.

Program cicilan 0% diharapkan dapat menjadi solusi bagi nasabah Kartu Kredit CIMB Niaga yang ingin tetap bisa memenuhi beragam kebutuhan, tanpa mengganggu cashflow bulanan. “Pada situasi saat ini, kami mendorong nasabah agar tetap bijak dalam berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Untuk lebih menghemat, nasabah dapat memanfaatkan program dan promo yang diberikan oleh Bank maupun merchant. Salah satunya program cicilan 0% yang bisa dinikmati melalui aplikasi OCTO Mobile dari CIMB Niaga,” kata Ting Ananta.

Adapun untuk mengubah transaksi menjadi cicilan 0%, nasabah dapat mengikuti langkah mudah berikut. Pertama, login OCTO Mobile dan pilih Rekening Saya kemudian Kartu Kredit. Kedua, klik Cicilan pada transaksi yang ingin diubah ke cicilan. Ketiga, pilih Tenor dan Cicilan, lalu konfirmasi dengan PIN OCTO Mobile. Transaksi pun berhasil diubah menjadi cicilan 0%.

Ting Ananta menambahkan, melalui Kartu Kredit CIMB Niaga yang didukung jaringan yang luas, nasabah dapat leluasa berbelanja berbagai produk dari rumah. Saat ini, misalnya, tersedia promo belanja Daily Deals di Top Marketplace seperti Blibli (Senin), Tokopedia (Selasa), Shopee (Rabu), JD.ID (Kamis), dan Bukalapak (Jumat). Penawaran ini memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mendapatkan diskon Rp120 ribu dengan minimum transaksi Rp1,2 juta. Selain untuk pembayaran penuh, juga berlaku untuk cicilan 0%. Nasabah bisa mendapatkan promo ini hingga 31 Desember 2021.

“Dengan kenyamanan yang diberikan OCTO Mobile bagi nasabah Kartu Kredit CIMB Niaga, kami berharap transaksi melalui layanan ini ke depan akan kembali meningkat. Karena meskipun di rumah saja, saat ini nasabah dapat menggunakan Kartu Kredit sebagai sumber dana untuk membayar berbagai keperluan sehari-hari secara sehat dan aman,” ujar Ting Ananta.