Advertisement

Tanpa Padam, PLN Ganti 20kV Recloser dan ABSw Jaga Keandalan Listrik

Media Digital
Kamis, 30 September 2021 - 10:27 WIB
Budi Cahyana
Tanpa Padam, PLN Ganti 20kV Recloser dan ABSw Jaga Keandalan Listrik PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY pada Selasa (28/9/2021) melakukan pekerjaan penggantian recloser dan pemasangan ABSw baru. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, PEKALONGAN - PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY pada Selasa (28/9/2021) melakukan pekerjaan penggantian recloser dan pemasangan ABSw baru. Kegiatan dalam rangka menjaga keandalan jaringan listrik ini dilakukan di wilayah Pekalongan. 

Manager PLN UP2D Jawa Tengah dan DIY, Ery Juniarta Partama mengatakan, pekerjaan dilakukan oleh Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang merupakan pasukan elite PLN. Tim ini telah terlatih melakukan pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik tanpa pemadaman.

Advertisement

"Jadi ini pekerjaan pemeliharaan pada Recloser yang rusak diganti dengan yang baru, serta ada pemasangan baru pada ABSw. Semuanya dikerjakan tanpa pemadaman listrik," katanya. 

Ery menambahkan, recloser ini merupakan alat pemutus arus balik secara otomatis, yang bisa diatur interval waktunya. Sedangkan ABSw ini Air Break Switch (ABSw), yakni peralatan hubung yang berfungsi sebagai pemisah arus listrik. 

"Melalui pekerjaan ini tujuannya memperkecil daerah padam, mengamankan sistem, lingkungan dan peralatan pada saat terjadi gangguan jaringan 20 kV," imbuhnya. 

Menurutnya, dari penggantian piranti tersebut, maka keandalan jaringan makin terjaga. Selain itu, dampak lainnya mampu menurunkan jumlah pelanggan yang padam.

"Bagi kami, jaringan yang andal tentu makin dipercaya masyarakat dan mampu meningkatkan kesempatan jual," ungkapnya. 

Ditegaskan, PLN senantiasa untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, khususnya dalam keandalan listrik. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement