Berminat Investasi Uang Kuno? 1 Keping Ada yang Berharga Rp100 Juta

Berminat Investasi Uang Kuno? 1 Keping Ada yang Berharga Rp100 JutaPedagang menggelar koin dan uang kertas kuno berbagai pecahan, di Monumen Arek Lancor, Pamekasan, Madura, Jatim, Minggu (17/5/2015). - Antara/Saiful Bahri
01 Oktober 2021 07:27 WIB Annasa Rizki Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Masyarakat Indonesia dihadapkan dengan beragam jenis investasi, mulai dari emas, saham, reksadana, properti, bahkan uang kuno.  

Bagi orang yang suka mengumpulkan uang lama, mungkin bisa jadi pilihan terbaik untuk investasi. Numismatik adalah suatu kegiatan mengumpulkan benda-benda terkait uang, seperti uang kertas, uang koin, token, dan benda-benda terkait lainnya yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat. 

Seiring berjalannya waktu dan prinsip kelangkaan, uang kuno dapat dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Ada dua hal yang mempengaruhi harga uang kuno.  

Pertama, tingkat kelangkaan. Semakin langka uang kuno, semakin tinggi pula harganya. Kedua, kondisi fisik uang kuno. Semakin bagus kondisi fisiknya, semakin tinggi pula harganya. Kedua, ada uang dengan kondisi misprint atau miscut, yaitu uang yang mengalami salah cetak atau salah potong dalam pembuatannya. Kecacatan uang ini menjadi hal unik yang menarik bagi sebagian numismatis.  

Baca juga: Kenali 5 Gejala Terkena Serangan Jantung, Diantaranya Diare

Selain itu, ada pula numismatis yang tertarik pada nomor seri uang kertas yang unik, misalnya nomor seri yang urut atau kombinasi angka tertentu yang dianggap cantik. Keunikan-keunikan tersebut bisa menaikkan harga uang kuno. Uang kuno bisa dijual secara offline dan online di dalam dan luar negeri. 

Berikut ini 5 uang kuno termahal yang pernah ada di Indonesia. 

  1. Uang Kertas Rp500 Keluaran Tahun 1992

Uang kertas dengan nominal Rp500 bergambar orang utan ini dijual dengan harga beragam. Mulai dari yang termurah seharga Rp5.000 per lembar, hingga yang sangat mahal seharga jutaan bahkan ada yang membanderol hampir Rp100 juta. 

Diketahui uang kertas dengan warna kehijauan tersebut, saat ini peredarannya sudah dihentikan berdasarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 8/27/PBI/2006. 

  1. Uang Koin Rp25 

Uang bergambar buah pala keluaran tahun 1996 ini dijual dengan harga Rp100 juta per kepingnya. 

  1. Uang Koin Rp50 

Uang koin dengan nominal Rp50 bergambar burung Cendrawasih ini dijual dengan harga fantastis. Diketahui, uang koin keluaran tahun 1971 tersebut dijual dengan harga Rp100 juta per kepingnya. 

  1. Uang Koin Rp100 

Uang koin dengan nominal Rp100 bergambar wayang dan rumah gadang ini dijual dengan harga tinggi. Uang koin tahun 1978 tersebut dijual dengan harga Rp100 juta per kepingnya. 

  1. Uang Koin Rp1.000 

Uang koin dengan nominal Rp1.000 bergambar kelapa sawit ini juga dijual dengan harga fantastis. Adapun uang koin tersebut dijual dengan harga Rp100 juta.

Sumber : IDX/Kemenkeu, Bisnis.com