Ini Rahasia Investasi ala Warren Buffett, Lakukan Ini Selagi Muda

Ini Rahasia Investasi ala Warren Buffett, Lakukan Ini Selagi MudaWarren Buffet, investor ternama asal Amerika Serikat pemilik Berkshire Hathaway - Istimewa
13 Oktober 2021 23:17 WIB Dinda Aulia Ramadhanty Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Siapa yang tidak kenal Warren Buffet? Dia merupakan seorang pengusaha, dermawan, dan salah satu investor paling sukses di dunia. Simak 5 rahasia investasi ala Warren Buffet yang bisa Anda terapkan selagi muda. 

Melansir situs The Motley Fool, Warren Buffett bisa dikategorikan sebagai super investor dengan kekayaan sekitar US$100 miliar. Namun, tahukah Anda sebagian besar kekayaan Warren Buffet berasal dari investasi jangka panjang?

Bagi Anda yang ingin memulai investasi, berikut 5 rahasia Warren Buffett menjadi salah satu orang terkaya di dunia. 

1. Biasakan Hidup Hemat

Meskipun menjadi salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett tidak percaya pada uang tunai. Faktanya, pria asal Omaha, Amerika Serikat tersebut biasanya membeli sarapan di McDonald's. 

Dia juga senang berbelanja untuk mendapatkan penawaran mobil yang bagus. Bahkan, Warren tinggal di rumah yang sama yang dibelinya pada 1958 hingga saat ini.  

Gaya hidup hemat yang dijalaninya tersebut mengindikasikan Warren punya lebih banyak uang untuk diinvestasikan. Semakin bertambahnya jumlah investasi, semakin banyak kekayaannya tumbuh. 

2. Hindari Utang

Warren Buffett tidak membeli mobil secara kredit atau memiliki utang kartu kredit. Mungkin fakta tersebut dapat dibenarkan karena Warren tidak perlu berhutang karena kekayaannya yang sangat banyak. Namun, hal ini masih menjadi sesuatu yang dapat dipelajari oleh tiap investor. 

Jika sudah terlanjur memiliki utang, maka segera lunasi agar Anda bisa mengurangi biaya bunga. Untuk setiap uang yang dihemat tersebut nantinya dapat digunakan untuk lebih banyak tabungan dan investasi.

Langkah kedua ini dapat dilakukan dengan mengumpulkan dana darurat dan menabung untuk kebutuhan pengeluaran yang berjumlah besar. Segala biaya tak terduga bisa tertutupi oleh dana darurat yang selama ini disimpan, alih-alih memilih untuk berutang. 

3. Investasi Diri Sendiri

Warren Buffett mempercayai bahwa aset terbesar dalam hidup adalah diri sendiri. Dengan berinvestasi pada diri sendiri, Anda dapat membantu diri untuk membangun kekayaan jangka panjang. 

Anda dapat memfasilitasi diri akan apa yang ingin dilakukan, seperti mengikuti kursus pelatihan, memulai suatu bisnis, atau melatih suatu keterampilan baru. 

Jika mendapatkan promosi atau mendapatkan uang ekstra setelah menginvestasikan kepada diri sendiri, maka akan memiliki lebih banyak untuk diinvestasikan dan akan dapat menumbuhkan kekayaan dalam jangka panjang. 

4. Pilih ETF

Setelah memiliki uang cadangan untuk diinvestasikan, bagi sebagian besar investor, Warren Buffett merekomendasikan untuk berinvestasi dalam dana indeks atau Exchange Traded Fund (ETF) berbiaya rendah

Jika satu entitas bisnis di dalam ETF gagal, maka itu tidak akan berdampak terlalu banyak karena hanya akan menjadi sebagian kecil dari portofolio investasi yang dimiliki. 

5. Saham untuk Jangka Panjang 

Warren Buffett percaya bahwa saham harus dipegang untuk jangka panjang. Hal tersebut berarti tidak perlu panik dan terburu-buru menjual investasi jika pasar saham ambruk.  

Dalam berinvestasi jangka panjang, investor tidak perlu khawatir dengan situasi saat ini karena pasar dapat bangkit kembali. Secara historis, berinvestasi dalam saham adalah salah satu cara terbaik untuk mengalahkan inflasi. 

Sumber : Bisnis.com