Dorong Pasar Ekspor UKM, BNI Kenalkan Program BNI Xpora

Dorong Pasar Ekspor UKM, BNI Kenalkan Program BNI XporaBNI memperkenalkan program BNI Xpora di Kantor BNI KCP Sebelas Maret, Solo, Kamis (21/10/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
22 Oktober 2021 15:47 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, SOLO—PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (BNI) berkomitmen mendorong perluasan pasar usaha kecil dan menengah (UKM) hingga ke mancanegara. Salah satunya program BNI Xpora.

Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistyowati mengatakan melalui BNI Xpora, sudah banyak pelaku UKM yang telah merasakan manfaat percepatan ekspor yang terintegrasi.

Peluncuran BNI Xpora dilaksanakan bersamaan dengan acara Opening Ceremony Trade Expo Indonesia (TEI) 2021 yang diusung Kementerian Perdagangan di Jakarta, Kamis (21/10/2021). Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu lainnya.

"Xpora merupakan bentuk dukungan kami terhadap pelaku usaha nasional khususnya UKM untuk mengembangkan usahanya agar Go Global. Layanan ini dapat diakses melalui digital platform," ucap Susi dalam peluncuran BNI Xpora di Kantor BNI KCP Sebelas Maret, Solo, Kamis.

Sebagai rangkaian dukungan terhadap ekspor tersebut, BNI akan menggelar Global Trade Connection and Forum (GTCF) pada 2022. Dalam forum itu BNI Xpora diharapkan dapat menjadi wahana untuk business matching perusahaan berorientasi ekspor di Indonesia dengan potential buyer maupun investor luar negeri.

Peningkatan kelas UKM menjadi fokus utama melalui kemitraan dan kolaborasi dengan perusahaan besar dan masuk dalam rantai pasar global. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk nasional, dan membangun kemandirian ekonomi nasional.

Tentu saja hal ini tidak terlepas dari upaya percepatan digitalisasi seluruh pemangku kepentingan, antara lain Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, Bea dan Cukai, BKPM, e-commerce, asosiasi perdagangan global, hingga Smesco.

Setelah lebih dari 1,5 tahun pandemi dengan kondisi ekonomi yang menantang, semangat memulihkan kembali cross-border trade transaction sangat terasa dalam penyelenggaraan TEI ke-36 Digital Edition di tahun ini, dengan adanya tema Reviving Global Trade.

Sebagai agent of change dalam digitalisasi transaksi keuangan nasional, BNI aktif mendorong digitalisasi bisnis proses dan layanan bagi segenap nasabah dan mitra. Hal ini sejalan dengan tujuan penyelenggaraan TEI 2021, yaitu mendorong percepatan transformasi perdagangan secara digital. 

Pasar Global

Terkait dengan BNI Xpora, BNI memperkenalkan program itu di tujuh kota yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Selain itu, BNI Xpora juga dapat diakses oleh pelaku usaha UKM di seluruh Indonesia bahkan diaspora yang berada di mancanegara melalui digital platform BNI Xpora.

Peran BNI yang tak kalah penting dalam upaya mendorong ekspor dan memperkuat fungsi BNI Xpora adalah dengan adanya kantor cabang BNI di enam pusat keuangan dunia. “Melalui kantor BNI di Singapura, Hong Kong, Seoul, Tokyo, London, dan New York upaya membuka akses ke pasar global semakin dipertajam,” ucap dia.

Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Erni Susiatun mengatakan UKM Pemerintah Kota Surakarta sejauh ini berkomitmen dalam mengembangkan UKM, khususnya yang memiliki produk ekspor. “Agar produktivitas meningkat, kami mendorong produk UKM bisa menyebar luas sampai skala Internasional,” ucap dia.