Advertisement

Apindo Sebut Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa Lampaui Target

Reni Lestari
Selasa, 26 Oktober 2021 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
Apindo Sebut Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa Lampaui Target Ketua Umum Apindo Hariyadi B. Sukamdani - JIBI/Bisnis.com/Eusebio Chrysnamurti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun ini akan melebihi proyeksi pemerintah.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan hal itu didorong kinerja ekspor yang moncer sepanjang tahun ini. Menurutnya, Indonesia diuntungkan oleh situasi perang dagang Amerika Serikat - China yang belum mencair serta jenuhnya pasar ekspor Vietnam.

Advertisement

"Sepertinya bakal melebihi target. Dari sisi ekspor cukup baik dan trennya masih akan meningkat," kata Hariyadi kepada JIBI, Senin (25/10/2021).

Selain itu, faktor pengungkit lain di kuartal ketiga dan keempat tahun adalah lonjakan pengeluaran masyarakat kelas menengah. Hal itu diprediksi akan terjadi setelah kelas menengah menahan pengeluaran karena kondisi pandemi tahun lalu.  

Di samping itu, secara historis, lanjut Hariyadi, kinerja ekonomi di paruh kedua umumnya lebih baik dari semester pertama. "Jadi kami berharap kondisi pandemi ini terus dikendalikan, kemungkinan kita akan bisa jauh lebih baik. Optimismenya saya lihat cukup bagus, tinggal kuncinya di pandeminya saja," lanjutnya.  

Sementara itu, mengenai tantangan lonjakan inflasi dunia yang dipicu transportasi dan barang impor, Hariyadi mengatakan perlahan masalah ini akan terurai seiring pulihnya perdagangan global. Pemulihan dan koreksi terhadap kondisi logistik yang dipicu kelangkaan kontainer dan lonjakan ongkos pengapalan menurutnya tinggal menunggu waktu saja.

"Kalau terjadi peningkatan perdagangan dunia, otomatis tidak bisa orang menahan dengan permainan seperti ini," kata Hariyadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement