Stimulus Listrik PLN Bantu Kurangi Dampak Ekonomi Pandemi Pelanggan Subsidi

Stimulus Listrik PLN Bantu Kurangi Dampak Ekonomi Pandemi Pelanggan SubsidiPenerima bantuan dari PLN. - Istimewa
28 Oktober 2021 16:07 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, MAGELANG—Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama satu tahun lebih telah berdampak banyak di sektor kehidupan, terutama di sektor ekonomi. Sejak April 2020 lalu, pemerintah melalui PLN memberikan stimulus Covid-19 berupa token maupun rekening listrik gratis kepada pelanggan tarif Rumah Tangga daya 450 VA dan diskon token maupun rekening listrik bagi pelanggan tarif Rumah Tangga daya 900 VA subsidi.

Salah satu penerima bantuan tersebut yaitu Tri Suryono. Pria yang bermata pencaharian sebagai pekerja buruh harian lepas atau kuli bangunan ini bertempat tinggal di Dusun Kemiri RT 09, RW 03, Desa Glagahombo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Rumahnya dialiri listrik daya 450 VA, keperluan token listrik di rumah Tri sebulan menghabiskan sekitar 50-60 ribu rupiah.

“Semenjak pandemi ini saya merasa kesulitan untuk membeli token setiap bulannya, karena pekerjaan saya yang berkurang,” ungkap Tri di kediamannya pada Selasa (26/10).

Dengan adanya bantuan stimulus Covid-19 berupa token listrik gratis tersebut, ungkapnya, ia merasa sangat terbantu secara ekonomi.

“Saya sangat berterima kasih atas bantuan token gratis dari PLN yang cukup membantu kondisi ekonomi keluarga saya. Bantuan subsidi ini juga membantu kegiatan belajar anak saya, karena semenjak pandemi ini anak saya belajar melalui online. Sekali lagi saya berterima kasih kepada PLN khususnya PLN UP3 Magelang, semoga bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat,” tambahnya.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang Yunarsih menjelaskan bahwa semenjak bulan April tahun 2020, bantuan token listrik gratis ini kami salurkan melalui perangkat-perangkat desa, sehingga harapan kami seluruh pelanggan yang mendapatkan token listrik gratis ini sudah mengetahui atau sudah menerima bantuan tersebut.

“Kami juga secara berkala melakukan cek lokasi kepada pelanggan-pelanggan subsidi di wilayah kerja PLN UP3 Magelang untuk memastikan apakah pelanggan sudah memanfaatkan bantuan token listrik gratis tersebut atau belum,” ujarnya.

Yunarsih juga berharap semoga dengan bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan masyarakat yang perekonomiannya sangat terdampak atas pandemi Covid-19. (ADV)