Cara Mengaktifkan Shopee Paylater dan Cara Bayar

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater dan Cara BayarCermati.com.
23 November 2021 11:57 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sejak dahulu, penggunaan kartu kredit sudah menjadi solusi finansial bagi orang-orang yang tidak memiliki uang tunai. Kini, kecanggihan teknologi berhasil mewujudkan solusi lainnya yang lebih praktis, yaitu paylater. Paylater adalah fasilitas pembiayaan yang memungkinkan kamu mendapatkan penundaan pembayaran sehingga kamu tidak perlu langsung membayar ketika berbelanja. Bahkan, paylater bisa dilunasi dengan sistem cicilan selama beberapa bulan sehingga terkesan ringan. Salah satu fitur paylater paling populer di tanah air adalah Shopee Paylater.

Kalau kamu termasuk pengguna setia Shopee, kamu bisa memanfaatkan fitur Shopee Paylater untuk mendukung kemudahan berbelanja sehingga tidak ketinggalan momen diskon dan promo menarik lainnya. Cara mengaktifkan Shopee Paylater sangat mudah dan cara bayarnya pun beragam. Sekarang, mari simak informasi tentang manfaat, cara daftar Shopee Paylater, serta cara pembayarannya berikut ini agar kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Manfaat Shopee Paylater

Sumber: cermati.com

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan bila menggunakan Shopee Paylater, antara lain:

  • Memungkinkan kamu mendapatkan pinjaman untuk belanja di Shopee tanpa dikenakan biaya transaksi apapun.
  • Mendapatkan kemudahan pembayaran dengan bunga cicilan rendah berkisar di angka 1%. Bunga cicilan tersebut tentu jauh lebih rendah dibandingkan bunga yang ditetapkan pinjaman online (pinjol).
  • Memperoleh berbagai promo menarik, misalnya voucher cashback untuk pembayaran khusus Shopee Paylater.
  • Memberikan keleluasaan pembayaran dengan memilih tanggal jatuh tempo pinjaman, yaitu tanggal 5 atau 11 setiap bulan.

Syarat Daftar Shopee Paylater

Sumber: batam.tribunnews.com

Cara mendapatkan Shopee Paylater sangat mudah bila kamu sudah memenuhi beberapa syarat berikut ini:

  • Memiliki akun pengguna Shopee yang sudah terdaftar dan berhasil melalui proses verifikasi.
  • Akun Shopee sudah berusia minimal 3 bulan dan sering digunakan untuk bertransaksi.
  • Sudah update aplikasi Shopee terbaru.

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater

Sumber: finansial.bisnis.com

Jika sudah memenuhi seluruh syarat tersebut, maka cara daftar Shopee Paylater bisa dilakukan secara mudah dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee lalu login dengan username dan password-mu.
  • Klik tab Saya (bagian pojok kanan bawah layar) lalu pilih opsi SPayLater.
  • Klik opsi Aktifkan Sekarang.
  • Masukkan kode verifikasi (OTP) yang dikirimkan via SMS lalu klik opsi Lanjut. Pastikan bahwa kode OTP tersebut tidak diberikan kepada siapapun selama kamu melakukan proses aktivasi Shopee Paylater.
  • Proses selanjutnya adalah mengunggah foto KTP. Gunakan kamera belakang untuk membidik foto KTP lalu posisikan foto tersebut tepat di bagian tengah frame yang ditunjukkan di layar hp. Kemudian, masukkan nama dan NIK lalu klik Konfirmasi. Aktivasi Shopee Paylater hanya hanya bisa menggunakan 1 NIK KTP untuk setiap akun Shopee.
  • Masukkan Informasi Tambahan kemudian klik Konfirmasi.
  • Klik opsi Mulai Verifikasi Wajah lalu arahkan wajahmu ke frame yang ditunjukkan pada layar hp. Pastikan bahwa hp-mu terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi dan latar tempat dalam kondisi suasana terang. Bila verifikasi wajah gagal, cobalah restart hp selama 10 menit atau perbaharui aplikasi Google Play sebelum mencobanya kembali.
  • Bila proses verifikasi wajah berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pengajuan Shopee Paylater sedang diproses.
  • Pengajuan Shopee Paylater yang disetujui akan memunculkan notifikasi yang menyatakan kamu berhasil mengaktifkan Shopee Paylater.

Cara Bayar Shopee Paylater

 

Sumber: alvindayu.com

Fitur Shopee Paylater memungkinkan kamu berbelanja di Shopee tanpa uang tunai dan melunasi pinjaman dalam jangka waktu 3 hingga 12 bulan. Jika sudah berhasil mengaktifkan dan menggunakan Shopee Paylater, jangan lupa melakukan pembayaran tepat waktu dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi Shopee lalu login dengan username dan password-mu.
  • Klik tab Saya (bagian pojok kanan bawah layar) lalu pilih opsi SPayLater.
  • Amati Tab Total Tagihan Bulan Ini, lalu klik opsi Bayar Sekarang.
  • Kalau sudah masuk ke halaman Jumlah yang Harus Dibayar, klik Tagihan Bulan Depan.
  • Pada Tab Total Tagihan Bulan Ini, klik opsi Bayar Lebih Dulu. Kamu hanya bisa melunasi tagihan yang jatuh tempo maksimal 1 bulan dari sekarang dan tidak dapat melunasi semua cicilan sekaligus.
  • Pilih metode pembayaran via ShopeePay, Virtual Account Bank, atau Indomaret. Tagihanmu akan lunas secara otomatis jika kamu memilih pembayaran paylater via ShopeePay atau Virtual Account. Sementara itu, pembayaran melalui Indomaret harus disertai dengan klik opsi Bayar di halaman utama Shopee Paylater ketika kamu sudah tiba di Indomaret terdekat.
  • Bila sistem Shopee berhasil melakukan verifikasi pembayaran Shopee Paylater, kamu akan mendapatkan notifikasi pada sub menu Keuangan yang menyatakan bahwa pembayaran telah diterima. Notifikasi pembayaran berhasil akan membuat limit Shopee Paylater kembali seperti semula dalam waktu 1x24 jam. Bila limit Shopee Paylater tidak berubah setelah lebih dari 1x24 jam, kamu bisa menghubungi tim customer service Shopee untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Cara daftar dan bayar Shopee Paylater yang mudah tentu membuatmu tertarik untuk menggunakannya. Pastikan bahwa penggunaan Shopee Paylater tidak membuatmu kalap belanja hingga kesulitan melunasi pinjaman, ya. Jadilah pengguna Shopee Paylater yang bijak mengatur kondisi finansial pribadi.