Direktur Eksekutif Shopee Yakin Indonesia Bakal Jadi Negara Top 3 Dunia

Direktur Eksekutif Shopee Yakin Indonesia Bakal Jadi Negara Top 3 DuniaChristin Djuarto (kiri) saat wawancara bersama Gita Wirjawan dalam podcast EndGame - Ist
28 Desember 2021 18:57 WIB Media Digital Ekbis Share :

Jakarta, 28 Desember 2021- Ekonomi Indonesia diprediksi bisa lompat masuk ke jajaran terdepan di dunia. Direktur Shopee Indonesia, Christin Djuarto, optimis bahwa kekuatan UMKM dan digitalisasi dapat menjadi katalis perekonomian Indonesia sebagai negara elit di Asia bahkan dunia.

Hal ini diungkap oleh Christin dalam wawancaranya bersama Gita Wirjawan dalam podcast EndGame. Christin memaparkan bahwa digitalisasi sudah sampai ke seluruh pelosok Indonesia hanya saja banyak yang belum memiliki literasi digital dengan baik apalagi memanfaatkan platform digital seperti marketplace untuk mengembangkan bisnis.

Melihat hal ini, Shopee yakin bahwa masih ada potensi yang luas untuk membantu para pelaku bisnis khususnya UMKM untuk merambah ekosistem digital. “Saya lihat digital ekonomi akan mengubah pasar menjadi lebih besar dengan adanya e-commerce seperti Shopee. Karena jadi akan sangat mudah untuk UMKM menjangkau ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke seluruh dunia” jelas Christin.

Digitalisasi ekonomi dapat membawa perekonomian bangsa Indonesia terkatrol masuk ke jajaran terdepan negara-negara berkembang di dunia. Apalagi menurut perempuan yang telah bergabung sejak awal berdirinya Shopee Indonesia ini sebenarnya pertumbuhan teknologi di Indonesia tergolong cepat.

“Saya sih bayangannya kalo 2045 itu Indonesia, berkat digitalisasi ini, udah bisa masuk ke top 3 dunia, melewati banyak negara-negara lainnya.” ujar sarjana ekonomi ini. Karena dampak dari digitalisasi ini sangat jelas, selain dapat meningkatkan produksi dan konsumsi juga dapat membuka banyak lapangan pekerjaan yang tentu memberikan sumbangsih kepada peningkatan perekonomian bangsa.

“Salah satu tantangannya adalah keterampilan digital. Itu kenapa kami juga membuka Kampus UMKM Shopee di berbagai kota, untuk membantu mengatasi kesenjangan ini dengan lebih cepat dan efektif,” tambahnya. Christin menceritakan salah satu contoh dampak digitalisasi Shopee yaitu seorang pebisnis kain asal Bandung ditengah pandemi, yang justru bisa membantu mempekerjakan 100 orang
yang banyak dari mereka terkena pemutusan kerja.

Maka dari itu, komitmen membantu melayani mereka yang belum terlayani melalui teknologi ini diwujudkan salah satunya dengan
mendirikan Kampus UMKM. Di kampus ini para pelaku UMKM mendapatkan pendampingan dari hulu ke hilir. Kontribusi Perempuan Indonesia Terhadap Perekonomian Bangsa Sebagai pemimpin perempuan, Christin menaruh perhatian terhadap isu pemberdayaan perempuan.

Bagi Christin, begitu banyak perempuan luar biasa yang justru dapat membawa berbagai ide baru dengan cara pandang yang berbeda. Tentu potensi mereka harus terus dikembangkan dalam sebuah wadah. Salah satu cara yang dilakukan Christin adalah menginisiasi klub women at Shopee. Di sini, menjadi wadah bagi para wanita berbagi kisah agar dapat saling menginspirasi dan memotivasi.

“(Perempuan) harus lebih berani untuk percaya kalau niatnya kita fokus tuh kita bisa karena semua orang punya kelebihan masing-masing,” pesan Christin. Sebagai perempuan yang sudah menjadi ibu dengan seorang anak, Christin ingin membantu para perempuan Indonesia untuk terus maju dan memberikan sumbangsihnya terhadap perekonomian Indonesia. (***)