Masih Sekolah? Bisnis Ini Bisa Dicoba

Masih Sekolah? Bisnis Ini Bisa DicobaWarga memperlihatkan uang lembar pecahan Rp75.000 usai melakukan penukaran di Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/8/2020). - Bisnis / Rachman\\r\\n
31 Desember 2021 10:37 WIB Newswire Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bisnis yang cocok untuk anak sekolah banyak pilihannya bagi yang ingin mendapatkan penghasilan sendiri. Tapi usahakan pekerjaan sampingan yang dipilih tidak mengganggu pelajaran. Kamu bisa memanfaatkan beberapa peluang yang ada di sekitar atau kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan uang tambahan.
Nah, berikut ini 9 bisnis yang cocok untuk anak sekolah yang bisa kamu jajal:
1. Reseller atau Dropshipper
Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produk yang sedang tren. Misalnya, mainan atau aksesori yang sedang digemari teman-temanmu. Untuk mendapatkan produk tersebut, kamu bisa mencarinya di toko dekat rumah atau toko online yang meyediakan jasa reseller atau dropshipper. Setelah itu, jangan lupa mempromosikan secara langsung ke teman atau lewat media online.
2. Endorser
Jika kamu memiliki pengikut di media sosial, maka bisa memanfaatkan peluang itu untuk menjadi endorser. Nantinya kamu diminta untuk me-review produk dan mempostingnya di akun media sosial kamu.
3. Freelance Writer
Bagi yang hobi menulis, menjadi freelance writer adalah pilihan yang tepat. Tak cuma menyalurkan hobi, tapi hasil dari tulisanmu bisa menghasilkan cuan. Beberapa perusahaan atau media biasanya membuka kesempatan menjadi freelance writer yang dibayar per artikel.

4. YouTuber
Dibanding hanya menjadi penonton channel YouTube, kamu bisa menjadi YouTuber. Tapi kamu harus kreatif untuk menciptakan konten yang menarik dan cocok untuk kamu serta memiliki ciri khas. Beberapa di antaranya, review barang, tutorial, traveling, masak atau fashion. Kamu bisa menggunakan smartphone yang dimiliki untuk syuting. Sementara untuk mengedit pun, bisa melihat tutorialnya di internet. Setelah itu, video tinggal di-upload.
5. Kursus untuk anak-anak
Jika saat ini kamu pelajar SMA, maka kamu bisa memberikan kursus untuk anak-anak yang usianya di bawah kamu. Misal untuk anak SMP atau SD.
6. Jualan Makanan
Bisnis lainnya yang bisa kamu jajal adalah jualan makanan. Bagi yang hobi memasak atau membuat kue, bisa banget bisnis kuliner nih dengan menjual makanan ke teman di sekolah, dititipkan ke warung atau lewat media sosial.
7. Menjual Karya Seni
Selain menjual makanan, kamu juga bisa menjual karya seni. Misalnya kamu jago menggambar, desain atau membuat pernak-pernik, enggak ada salahnya untuk membuatnya dan menjualnya di kala senggang atau libur sekolah.
8. Fotografer
Bagi kamu yang gemar fotografi, bisa menawarkan jasa foto untuk acara-acara tertentu atau foto produk. Selain itu, kamu juga bisa menjualnya langsung secara online ke www.istockphoto.com, shutterstock.com dan lainnya untuk mendapatkan royalti jika foto terjual.
9. Admin Media Sosial
Bisnis lain yang bisa jadi peluang usaha bagi anak sekolah adalah admin media sosial. Namun untuk menjadi admin media sosial, kamu perlu mengetahui topik yang bakal jadi bahan untuk diposting.