Advertisement

Grup Bakrie Kembangkan Bus Listrik di Magelang

Nina Atmasari
Kamis, 17 Februari 2022 - 17:07 WIB
Nina Atmasari
Grup Bakrie Kembangkan Bus Listrik di Magelang (Dari kiri ke kanan) Direktur Tri Sakti, Andi Widodo; Managing Director Indonesia & Malaysia BYD, Eagle Zhao; Presiden Direktur & CEO PT Bakrie & Brothers Tbk, Anindya Novyan Bakrie; dan Presiden Direktur Tri Sakti, Widodo; berbicang usai peresmian kerja sama, di Tempuran, Magelang, Kamis (17/2/2022). /Harian Jogja - Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Entitas bisnis PT Bakrie Autoparts, PT Vektr Mobiliti Indonesia (VKTR), resmi menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan karoseri Tri Sakti yang berlokasi di Tempuran, Kabupaten Magelang. Kerjasama ini berupa produksi bus listrik.

Direktur Utama dan CEO PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), Anindya Novyan Bakrie mengatakan kerja sama ini menjadi langkah awal VKTR dalam upaya pengembangan ekosistem industri electric vehicle (EV) di Indonesia.

“Dengan kerjasama ini, secara resmi kami membuka fasilitas industri khusus untuk manufaktur bus listrik yang pertama di Indonesia, dengan bantuan teknologi dari BYD Auto. VKTR (dibaca ‘Vektor’) adalah spin-off dari PT Bakrie Autoparts, anak usaha BNBR yang memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun di industri komponen otomotif,” kata Anindya Bakrie, di Magelang, Kamis (17/2/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Baca juga: Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen Tercepat di Indonesia, Ini Penyebabnya

Ia berharap dengan menjadi entitas tersendiri, VKTR lebih fokus dalam mengakselerasi pengembangan industri EV di Indonesia. Sebelumnya, mereka telah bermitra dengan BYD Auto dari Tiongkok sebagai mitra penyedia teknologi bagi Bakrie Autoparts sejak 2018. Kemitraan inilah yang dilanjutkan oleh VKTR yang mengembangkan segmen EV heavy mobility (kendaraan listrik mobilitas tinggi), dan dimulai dengan bus listrik.

Direktur Utama PT Vektr Mobiliti Indonesia, Gilarsi W Setijono mengatakan sebagai produksi perdana, selama sebulan kedepan diharapkan tiga bus listrik selesai diproduksi di workshop Tri Sakti, berkoordinasi dengan BYD.

“Setiap bus listrik yang dihasilkan oleh VKTR dipastikan melewati proses quality management dengan standar terbaik, dan akan didukung dengan sistem after sales service yang memahami betul karakter kendaraannya,” katanya.

Baca juga: Pemerintah Minta Kebijakan Relaksasi Kredit Tanpa Batas Waktu

Direktur Karoseri Tri Sakti, Andi Widodo mengungkapkan bus listrik adalah hal baru bagi perusahaan yang telah berdiri hampir 40 tahun ini. Dengan adanya kesempatan, dukungan pasar dan dukungan teknologi dari Bakrie Group dan BYD, ia akan mulai melayani pasar bus listrik di Indonesia tanpa mengabaikan pelanggan bus diesel.

Advertisement

"Kami berharap menjadi pioner dalam industri transportasi kendaraan listrik di Indonesia yang akan membawa manfaat bagi pengembangan industri di Kota Magelang tetapi juga pengembangan industri otomotif di negara kita," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Peringatan BMKG: Waspada! Ada Siklon Tropis Noru di Pantai Selatan DIY

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement