Advertisement

Lewat akkar, 2 Anak Muda Ini Berjualan sembari Ingatkan Konsumsi Buah dan Sayuran

Lajeng Padmaratri
Senin, 14 Maret 2022 - 08:17 WIB
Arief Junianto
Lewat akkar, 2 Anak Muda Ini Berjualan sembari Ingatkan Konsumsi Buah dan Sayuran Produk cold pressed juice akkar. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Prihatin dengan minimnya konsumsi buah dan sayur di kalangan masyarakat Indonesia membuat sepasang anak muda merintis bisnis makanan sehat dengan brand akkar. Mereka mengolah sayur dan buah agar lebih nikmat dikonsumsi.

Katarina Wilhelmina Sudjono dan Ivan Pratama adalah anak muda di balik merek akkar. Seusai lulus kuliah dari Program Studi (Prodi) Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM, mereka merintis akkar sejak Februari 2020. Namun, tak hanya mencari untung, bisnis yang dijalankan mengusung sejumlah nilai yang ingin ditularkan kepada publik.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Lewat akkar, Wina dan Ivan ingin mengajak masyarakat lebih menggemari konsumsi sayur dan buah. Mereka menawarkan konsepcold pressed juice, smoothies, serta salad untuk mengajak publik menikmati sayur dan buah secara lebih menyenangkan.

"Kami sadar kalau masih sekurang itu untuk konsumsi sayur buah. Banyak orang makan itu cuma makan nasi lauk aja, enggak pakai sayur. Bisnis ini jadi sarana untuk saling mengingatkan esensialnya konsumsi buah sayur," kata Wina kepada Harianjogja.com, Selasa (8/3/2022).

Dalam sebotol cold pressed juice, Wina memadukan berbagai sayur dan buah agar rasanya seimbang untuk dinikmati. Misalnya, paduan kale, bayam, semangka, dan apel dalam varian Power Plant. Kemudian ada paduan nanas, timun, bayam, serta lemon dalam varian Supple Skin.

Paduan buah dan sayur tanpa tambahan air serta gula ini menyuguhkan citarasa yang segar dan nikmat. Wina menyebut banyak orang yang tadinya tidak suka sayur jadi mulai bisa menikmati sayur lewat konsumsi cold pressed juice.

Tak hanya mengajak masyarakat untuk hidup sehat, akkar juga ingin mengedukasi publik agar memiliki kesadaran terhadap kelangsungan lingkungan di Bumi. Tak dimungkiri, Wina dan Ivan mendirikan akkar sebagai salah satu pilihan tempat menongkrong anak muda di Jogja yang tak hanya menawarkan menu sehat, tetapi juga menyuguhkan pengemasan sajian menu secara ramah lingkungan.

Di kedua kedai mereka, yaitu di Jl. Taman Siswa, Mergangsan, Kota Jogja dan Jl. Moses Gatotkaca, Depok, Sleman, akkar bisa dinikmati secara langsung di kedai maupun dibawa pulang. Akkar juga melayani pengantaran secara langsung bagi pelanggan tetap maupun bisa dipesan lewat aplikasi pesan-antar.

Advertisement

"Kami pakai botol kaca. Kalau take away, nanti pakai tas plastik dari singkong atau kain. Kemasan makanannya dari ampas tebu, enggak pakai stirofoam. Jadi di luar bisnis, kami pengin tunjukkan bahwa bisnis yang peduli lingkungan itu memungkinkan buat dilakukan," terang Ivan. 

Cashback & Reward

Wina menuturkan awalnya akkar hanya memiliki empat variasi cold pressed juice. Namun, kini mereka bisa mengembangkan variannya hingga 12 jenis. "Jadi saat ini akkar punya 12 varian cold pressed juice, 8 varian smoothies, tiga varian smoothies bowl, salad bowl, salad roll, dan susu almond," tuturnya.

Advertisement

Kebanyakan menu adalah hasil karya Wina. Dia mengaku gemar mengeksplorasi padu-padan buah dan sayur agar menghasilkan rasa yang seimbang dan nikmat.

Lantaran diproduksi menggunakan sayur dan buah asli, bahkan tanpa tambahan air dan pemanis, maka tak heran jika harga sebotol jus ala akkar memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan jus di pasaran. Dalam satu botol jus dengan ukuran 290 mililiter (ml) dijual seharga Rp35.000.

Meski demikian, pelanggan bisa mendapatkan cashback setiap membawa kembali botol kaca akkar untuk ditukarkan saat pembelian selanjutnya. Setiap pengembalian botol akan mendapatkan reward sebesar Rp3.000.

"Jadi kami kasih reward bagi yang mengembalikan botol kaca ke kami dengan kondisi baik. Nanti botolnya akan kami sterilkan untuk jadi kemasan lagi, jadi kemasannya enggak cuma sekali pakai. Bisa lebih ramah lingkungan," kata Ivan.

Advertisement

Dengan cara itu, Ivan berharap banyak orang mulai sadar untuk melakukan hal kecil seperti mencuci botol bekas akkar dan membawanya kembali ke kedai. Dengan begitu, pelanggan bisa berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

"Kami punya campaign yaitu Start Small. Memulai sesuatu enggak harus repot, bisa mulai dari hal-hal kecil, kalau dikumpulin bisa berdampak," tambah Wina.

Setiap harinya, mereka bisa memproduksi 120 botol cold pressed juice. Kini, akkar sedang bersiap menambah varian baru yang tak kalah segar untuk penikmat sayur dan buah.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement