Advertisement

Belum Juga Ada Kejelasan, Kuota Haji Diharapkan Bisa Optimal

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 09 April 2022 - 05:47 WIB
Arief Junianto
Belum Juga Ada Kejelasan, Kuota Haji Diharapkan Bisa Optimal Ibadah haji. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja,com. JOGJA—Berapapun kuota haji untuk Indonesia yang ditetapkan nantinya, pengusaha agen perjalanan haji dan umrah berharap tetap bisa optimal. Hingga kini memang belum ada pengumuman resmi ihwal kuota haji untuk Indonesia.

Direktur Sahid Tour, Harry Prakoso mengatakan dampak pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada berbagai sektor, termasuk perjalanan haji maupun umroh. Adanya lampu hijau Pemerintah Arab Saudi untuk pelaksanaan haji diharapkan dapat dioptimalkan untuk memfasilitasi jamaah haji dari Indonesia.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kami memahami pemerintah kesulitan dalam mengatasi pandemi. Memahami pemerintah berjuang, tapi mohon diperjuangkan kuota haji. Benar-benar berjuang untuk mendapatkan porsi kuota semaksimal mungkin. Dengar-dengar mau dibatasi, tapi semoga, Indonesia khususnya, jangan dipotong,” ucap Harry, Jumat (8/4/2022).

BACA JUGA: Ini Cara BI Kembangkan Bisnis Syariah

Secara umum, dia menegaskan Sahid Tour telah siap. “Insyaallah kami sudah siap melayani. Di pandemi ini kami juga tetap buka, walaupun tidak setiap hari. Kami bersyukur juga yang mendaftar haji ini ada terus, walaupun belum ada pemberangkatan. Harapan kami juga pandemi ini dapat segera berakhir,” ucap Harry.

Sementara Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa pihaknya sudah siap menerima jemaah haji dari negara-negara di luar Arab Saudi.

Dalam keterangan resmi Kementerian Agama RI, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah menyampaikan hal tersebut meski kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi.

“Jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Namun, Arab Saudi tahun ini siap menerima jemaah haji luar negeri dan persiapan terus dilakukan,” ungkap Tawfiq seperti dikutip dalam keterangan resmi Kemenag RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Dua SD Negeri di Bantul Ini Segera Diperbaiki

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Buyer Terkesan saat Membuat Ecoprint & Jalan-jalan ke Tamansari

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 06:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement