Advertisement

Gelar Bedug Ramadhan, RAY Libatkan Puluhan UMKM

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 13 April 2022 - 19:04 WIB
Arief Junianto
Gelar Bedug Ramadhan, RAY Libatkan Puluhan UMKM Suasana jumpa pers kegiatan Bedhug Ramadhan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Rabu (13/4/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Sebagai bentuk dukungan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan seni budaya Jogja sekaligus ikut meramaikan Ramadan yang kini kembali semarak, Royal Ambarrukmo Yogyakarta (RAY) menggelar Bedug Ramadhan. Acara tersebut digelar mulai 15-27 April 2020, mulai pukul 15.00 WIB - 19.00 WIB.

Marketing & Communication Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Maria Perwitasari mengatakan kegiatan ini juga bersinergi dengan berbagai pihak, seperti Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta, serta PKK DIY.

"Ini sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan mendukung kemajuan ekonomi, sekaligus menunjukan kreativitas masyarakat. Berbagai kegiatan akan diadakan. Dalam pembukaan nanti pada Jumat 15 April pukul 16.00 WIB, nanti juga akan ada penampilan dari Debu," ucap Sari, sapaan akrab Maria Perwitasari, saat press conference, Rabu (13/4/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Jelang Lebaran, Pengusaha Hamper Kebanjiran Order

Acara itu nantinya akan dibuka General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Herman Courbois; Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo; Wakil Ketua PKK DIY, GKBRAA Paku Alam X; Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita; dan Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY, Singgih Raharjo.

Adapun UMKM yang mengambil peran dalam kegiatan tersebut adalah UMKM binaan dari PKK DIY dan empat komponen organisasi wanita lainnya (Bhayangkari, BKOW, DWP dan Dharma Pertiwi).

"UMKM ini telah melalui proses kurasi dalam lomba UMKM beberapa waktu lalu dan meloloskan 30 jenis usaha yang akan mengisi Bedhug Ramadhan di RAY," kata Sekretaris TP PKK DIY, Anggi Bambang.

Di tengah acara Bedhug Ramadhan nantinya setiap hari diisi dengan lokakarya, kegiatan seni dan budaya, edukasi dan inovasi UMKM muda seperti workshop anyaman pandan, dari Pandan Bantul; Ngapem dan Cerita Apem dari Puro Pakualaman; Workshop Basic Natural Dye: Melukis Kain dengan Susu Kedelai; serta Yoga Ngabuburit bersama Komunitas Padma Yoga.

Selain itu juga ada workshop Merasa dan Meracik Tisane dari Gelora Baik-Sadar; Workshop Tatah Sungging Wayang oleh Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta; lomba mewarnai wayang; lokakarya dan gelar wicara tari Jawa Klasik; dan kreasi dari Sanggar Seni Kinanti Sekar dan Sanggar Budaya Ambarrukmo; Workshop Rangkaian Bunga dari Sporadies; serta juga lokakarya Macrame dari Rumah Shiro.

Advertisement

BACA JUGA: Awas, Harga Pertalite dan Solar Bisa Jadi Ikut Naik

Seluruh kegiatan lokakarya dapat diikuti setiap pukul 16.00 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa di Pringgitan Royal Ambarrukmo, dan dapat dilihat di Instagram @royalambarrukmo.

Direkur Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta, Supadma menyambut baik kegiatan ini. "Kami turut senang terlibat dalam kegiatan ini. Semoga seni dan budaya yang ada di Jogja khususnya dapat terus lestari," ucapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement