Advertisement

Kondisi Mal Pulih, APPBI DIY: Jumlah Pengunjung Nyaris Sebanyak sebelum Pandemi

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 04 Mei 2022 - 14:57 WIB
Arief Junianto
Kondisi Mal Pulih, APPBI DIY: Jumlah Pengunjung Nyaris Sebanyak sebelum Pandemi Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setelah terpuruk akibat pandemi dua tahun terakhir, kondisi mal di DIY kini mulai membaik. Pada momen Lebaran kali ini, tingkat kunjungan mal di DIY meninggi, bahkan hampir mendekati tingkat kunjungan sebelum pandemi.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DIY, Surya Ananta mengatakan tren kunjungan di mal membaik mulai masuk pekan kedua Ramadan. Secara bertahap tingkat kunjungan juga semakin meningkat.

Advertisement

“Dari puasa itu orang buka puasa di mal sudah mulai meningkat. Kemudian ke fesyen juga semakin membaik, sebelum Lebaran itu karena mudik dilonggarkan. Keluarga, anak-anak banyak yang membeli baju baru,” ucap Ananta, Rabu (4/5/2022).

BACA JUGA: Harga Emas 24 Karat di Pegadaian 4 Mei 2022, Mulai dari Rp520.000

Hingga setelah Lebaran dikatakan Ananta tingkat kunjungan mal cukup tinggi. Peningkatan pengunjung mal di DIY nyaris merata. “Dapat dikatakan untuk momen lebaran kali ini mendekati lebaran sebelum pandemi. Karena dua lebaran sebelumnya kan rendah kunjungan ke mal,” ucap Ananta.

General Manager Plaza Ambarrukmo itu mengatakan pengunjung yang datang kebanyakan dari DIY dan sekitarnya, seperti Solo dan Magelang. Sementara beberapa lainnya ada yang berasal dari luar DIY, seperti Jakarta.

“Ini obat karena pandemi kemarin ngerem semua. Sekarang juga sudah bisa buka sampai 22.00 WIB. Kami perkirakan sampai akhir pekan ini kunjungan masih tinggi,” ucapnya.

Dia mengapresiasi kebijakan pelonggaran yang diberikan pemerintah. Dengan libur yang lebih panjang dan waktu buka mal yang lebih panjang juga, menurutnya arus keluar masuk orang ke mal akan lebih baik. Tidak terjadi penumpukan pengunjung.

BACA JUGA: Hari Kedua Lebaran, Harga Emas Antam Stagnan, Cetakan UBS Turun

Staf Public Relations Jogja City Mall, Febrianita Candra Rini mengatakan tingkat kunjungan di Jogja City Mall meningkat pada momen Lebaran ini.

“Tren peningkatan kunjungan mulai dari sebelum Lebaran. Tingkat kunjungan di momen liburan ini naik hingga 40 persen,” ucap Candra.

Candra mengatakan untuk prediksi peningkatan kunjungan akan berlangsung sampai kapan, masih sulit diprediksi. Untuk menarik kunjungan sendiri, tenant di Jogja City Mall juga menghadirkan berbagai promo menarik bagi pengunjung.

“Harapan kami kondisi saat ini dapat menjadi titik awal perubahan kondisi menjadi semakin baik. Semoga juga semuanya segera normal kembali,” ujar Candra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Semula April, Kesiapan Pengolahan Sampah di Kota Jogja Mundur hingga Awal Mei

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement