Advertisement

Mengejutkan, 90 Persen KPR BTN Diserap Generasi Milenial

Rika Anggraeni
Senin, 09 Mei 2022 - 12:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Mengejutkan, 90 Persen KPR BTN Diserap Generasi Milenial Pekerja sedang menggarap proyek perumahan yang dibiayai oleh BTN. - Bisnis/Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) mencatat kredit pemilikan rumah (KPR) untuk segmen milenial menjadi salah satu pendorong laju pertumbuhan kredit perseroan.

Direktur Utama BTN, Haru Koesmahargyo mengungkapkan sebesar 90% atau Rp7,5 triliun pencairan kredit perumahan mengalir ke generasi milenial pada kuartal I/2022. Nilai ini mendominasi dari total mortgage disbursement atau pencairan kredit perumahan senilai Rp8,3 triliun.

Advertisement

“Pada kuartal I/2022 ini dari total pencairan kredit perumahan yang mencapai Rp8,3 triliun, sebesar 90% atau sekitar Rp7,5 triliun mengalir ke kalangan milenial,” kata Haru dalam konferensi pers, Jumat (22/4/2022). 

Dalam tiga tahun terakhir, yakni 2019 sampai 2021, emiten bank bersandi saham BBTN ini telah menyalurkan KPR sebanyak 388.424 unit rumah kepada kalangan milenial dengan total plafond sebanyak Rp66,7 triliun.

Adapun kriteria perumahan milenial antara lain dekat dengan transportasi umum atau berjarak kurang dari 5 kilometer dari sarana transportasi ke urban area, lokasi perumahan di pinggir atau perbatasan kota. 

Lalu, dekat dengan fasilitas olah raga jogging track dan kolam renang, memiliki ketersediaan klinik, apotek, pusat perbelanjaan, dan taman, serta mayoritas harga rumah berada di kisaran Rp200 juta sampai Rp400 juta. Sementara itu, kriteria umur debitur KPR milenial adalah berada di rentang 21-40 tahun. 

Haru menyampaikan BTN selalu mendukung milenial untuk mengakses pembiayaan rumah yang layak dan trendy. Dukungan tersebut dilakukan melalui KPR online melalui aplikasi BTN Properti, KPR BTN Gaess for Millenials, dan KPR BTN HITS (Hijrah to Syariah) for Millenials.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Panglima TNI Kaji Penunjukan Perwira Aktif Jadi Penjabat Bupati

Jogja
| Rabu, 25 Mei 2022, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement