Advertisement

Kolaborasi Finnet dan BPD Banten Dorong Akselerasi Ekonomi Digital UMKM Serta Industri Kreatif di Banten

Media Digital
Senin, 23 Mei 2022 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Kolaborasi Finnet dan BPD Banten Dorong Akselerasi Ekonomi Digital UMKM Serta Industri Kreatif di Banten Kerja sama antara PT Finnet Indonesia dengan Bank Pembangunan Daerah Banten guna meningkatkan akselerasi ekonomi digital di sektor UMKM dan industri kreatif. - Istimewa

Advertisement

JAKARTA - UMKM dan industri kreatif memiliki peran strategis dalam menopang Perekonomian Nasional Indonesia. Data dari Kementerian Koperasi dan UKM maupun Bank Indonesia menunjukkan, kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sejak tahun 2015 sampai dengan saat ini tumbuh cukup signifikan.

Adanya pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir juga membuktikan bahwa UMKM dapat bertahan dalam situasi yang sangat sulit. Sehingga meskipun ada penurunan pada beberapa bidang usaha, tetapi masih banyak UMKM dan industri kreatif yang dapat bertahan bahkan lebih berkembang dengan adanya teknologi transaksi digital, yang memungkinkan masyarakat tetap dapat melakukan aktifitas transaksi bisnis meskipun terkendala adanya pembatasan interaksi fisik yang disebabkan oleh Pandemi Covid-19.

Advertisement

Untuk lebih meningkatkan akselerasi ekonomi digital di sektor UMKM dan industri kreatif, PT Finnet Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Layanan New Digital dan Merchant Akuisisi Layanan QRIS dengan Bank Pembangunan Daerah Banten. Penandatanganan MoU ini berlangsung pekan lalu di Mall Summarecon Serpong Tangerang - Banten, sebagai bagian dari rangkaian acara Expo Karya Kreatif Banten 2022 dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2022 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Wilayah Banten.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Business & Marketing Finnet Irena Aldanituti dan Direktur Utama BPD Banten Agus Syabarrudin, dengan disaksikan langsung oleh Anggota Komisi XI DPR RI Marinus Gea, Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Herawanto, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten Imaduddin Sahabat, serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Babar Suharso.

Kerja sama antara Finnet dengan BPD Banten selama ini telah terjalin dengan sangat baik. BPD Banten saat ini telah bekerja sama dengan Finnet untuk pengunaan Merchant Finpay QRIS dan juga penggunaan layanan Multibiller. Dengan kapabilitas Finnet sebagai Digital Financial Service Company di Indonesia yang sudah terhubung dengan lebih dari 80 Bank, 122 biller, 12 payment

partner, 46 e-commerce partner dan 7 negara, Finnet dipercaya oleh BPD Banten untuk dapat membantu akselerasi ekonomi digital di sektor UMKM dan industri kreatif di wilayah Banten dan sekitarnya.

Diharapkan dengan adanya kolaborasi ini, semua mitra UMKM dan pelaku industri kreatif maupun masyarakat secara umum di wilayah Banten dan sekitarnya akan dapat memperoleh manfaat ekonomi yang besar. Hal ini menunjukkan keseriusan Finnet dan BPD Banten dalam mengakselerasi inklusi keuangan dan menciptakan ekosistem pembayaran digital di wilayah Banten khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Selain itu, Finnet juga akan meningkatkan kerja sama dengan BPD Banten dengan layanan Finpay Merchant QRIS untuk pembayaran SAMSAT Pemprov Banten, Finpay Merchant Aggregator QRIS untuk BPD Banten sebagai Aggregator Merchant UMKM, Finpay Payment Gateway untuk Pajak air permukaan, Finpay Money Co-Branding berupa kerjasama aplikasi e-money dan e-wallet, Finpay E-Tax untuk Pendapatan Daerah berupa Retribusi Pasar, dan Finpay Remittance Domestik serta kerja sama implementasi penggunaan dan pemasaran E-Meterai yang merupakan salah satu produk unggulan Finnet di tahun 2022.

Advertisement

Direktur Business & Marketing Finnet Irena Aldanituti menyampaikan kerja sama ini sejalan dengan visi dan misi Finnet. “Infrastruktur layanan digital kini telah menjadi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Sejalan dengan visi kami untuk menjadi Digital Financial Service Company terdepan di Indonesia, kami optimis dengan kerja sama Finnet dan BPD Banten ini akan mampu memberikan layanan transaksi digital yang handal untuk kepentingan masyarakat luas, khususnya untuk UMKM dan industri kreatif yang semakin berkembang di Indonesia,” ujar Alda.

Sejalan dengan Alda, Direktur Utama BPD Banten Agus Syabarrudin juga menyampaikan bahwa kerja sama antara Finnet dan BPD Banten merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi yang sangat strategis untuk mengembangkan ekosistem sistem pembayaran digital Indonesia khususnya untuk sektor UMKM dan industri kreatif di wilayah Banten dan sekitarnya. “Membangun sebuah ekosistem yang terintegrasi akan memudahkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di era digital yang membutuhkan kecepatan dan kepraktisan. Untuk mengakselerasi proses transformasi menjadi perbankan digital BPD Banten akan terus berkolaborasi dengan Finnet Indonesia sebagai partner yang kompeten untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas layanan digital yang kami miliki,” tambah Agus.

Dengan sinergi dan kolaborasi yang dilakukan Finnet dengan BPD Banten ini, diharapkan dapat memberikan manfaat dan profitabilitas yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak dan juga bagi masyarakat luas. Finnet akan terus bersinergi dan berkolaborasi untuk bersama-sama mendorong akselerasi inklusi keuangan di Indonesia, serta akan terus melakukan inovasi agar dapat selalu memberikan teknologi terkini, dengan kualitas dan layanan terbaik sebagai penyedia Online Payment Solution terdepan di Indonesia. (***)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 Diperkirakan Naik di Juli, Bagaimana Nasib Event Wisata di DIY?

Jogja
| Rabu, 29 Juni 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Nawang Jagad, Camping Ground yang Tawarkan Pemandangan Merapi, Turgo dan Plawangan

Wisata
| Rabu, 29 Juni 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement