Advertisement

Ini NFT Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Tembus Rp1,3 Triliun

Arief Junianto
Sabtu, 18 Juni 2022 - 05:47 WIB
Arief Junianto
Ini NFT Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Tembus Rp1,3 Triliun Pengunjung melihat karya dalam agenda Indo NFT Festiverse yang digelar di Galeri R.J. Katamsi ISI Jogja, Sabtu (9/4/2022). - Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Harga non-fungible tokens (NFT) atau token yang tidak dapat dipertukarkan telah meledak dalam popularitas selama beberapa tahun terakhir seiring booming investasi koin kripto terus melangit. 

Nilai NFT pada dasarnya berasal dari keunikannya dan memungkinkan seniman digital mendapatkan keuntungan dari karyanya.

BACA JUGA: Bank BPD DIY Dampingi Ekonomi Desa Agar Berjaya

Lantas, berapa NFT paling mahal yang dijual hingga saat ini? Berikut 5 NFT termahal di dunia hingga saat ini seperti dilansir dari Make Us Of.

5. CryptoPunk #5822 (US$23,7 juta)

Koleksi CryptoPunk milik LarvaLab telah membuat gelombang di industri NFT, dengan banyak dari karya seni avatar ini terjual jutaan dolar. Salah satu avatar tersebut, yang dikenal sebagai CryptoPunk #5822 dijual dengan harga US$23,7 juta (Rp349,6 miliar) pada Februari 2022.

Pembelinya adalah Deepak Thapliyal, Chief Executive Officer (CEO) Chain, Perusahaan blockchain-as-a-service yang membangun blockchains untuk klien. Faktor kunci yang berkontribusi pada nilai CryptoPunk #5822 adalah propertinya.

Di antara koleksi CryptoPunk, avatar zombi dan alien adalah yang paling langka bisa didapatkan. Dengan #5822 sebagai avatar alien, kelangkaannya membuatnya sangat dicari sehingga tidak mengherankan jika harga jualnya menjadi salah satu NFT paling berharga di pasar saat ini.

4. HUMAN ONE (US$28,9 juta)

Beeple menjual NFT video dystopian HUMAN ONE futuristiknya seharga US$28,9 juta (Rp426,3 miliar) di lelang Christie's yang terkenal pada November 2021. NFT itu hadir dalam kotak fisik yang bagi sebagian orang mungkin agak membingungkan, tetapi file yang ditandatangani secara kriptografis masih ada, dan inilah yang membuatnya unik.

HUMAN ONE sekarang berdiri sebagai NFT paling berharga kedua Beeple hingga saat ini. NFT ini dibeli oleh Ryan Zurrer, seorang pengusaha di Swiss.

3. Clock (US$52,7 juta)

Ada banyak NFT yang telah dijual untuk tujuan amal, salah satunya Clock milik Pak. Karya ini terjual dengan harga US$52,7 juta (Rp777,4 miliar) pada Februari 2022 dan menggambarkan penghitung waktu yang mewakili berapa hari pendiri Wikileaks, Julian Assange telah dihabiskan di penjara.

Advertisement

Sifat amal NFT ini berbicara kepada banyak orang, dan lebih dari 10.000 pengguna dari organisasi yang dikenal sebagai AssangeDAO mengumpulkan dana mereka untuk membeli Clock Pak untuk mendukung Assange dalam upayanya untuk kebebasan. Keuntungan tersebut diberikan kepada dana pembelaan Assange, memberinya kesempatan yang lebih baik untuk dibebaskan.

2. Everydays: The First 5000 Days (US$69,3 juta)

Kreator digital Mike Beeple Winkelmann atau dikenal Beeple Everydays: The First 5000 Days kini berdiri sebagai NFT termahal kedua yang pernah dijual, di samping The Merge milik Pak.

Everydays terjual dengan harga US$69,3 juta (Rp1 triliun) di lelang seni digital pertama Christie's pada 11 Maret. Ini menandai pertama kalinya sebuah rumah lelang besar menjual NFT digital murni. Beeple telah mengunggah gambar secara online setiap hari sejak 2007.

Advertisement

NFT Everydays adalah kolase rumit dari lebih dari 5.000 gambar yang dibuat dan dibagikan Beeple selama 13 tahun terakhir dengan mewakili perkembangan seni dan teknologinya dari waktu ke waktu. Gambar Everydays menggambarkan obsesi dan ketakutan masyarakat terhadap teknologi. Dengan Everdays, Beeple memegang perbedaan karena telah menciptakan karya termahal ketiga yang pernah dijual di lelang.

1. The Merge (US$91,8 juta)

Karya The Merge milik Murat Pak atau dikenal Pak, dijual kepada 28.983 pembeli kolektif seharga US$91,8 juta (Rp1,3 triliun) pada Desember 2021. Hal ini menjadikannya karya seni termahal yang pernah dijual saat ini.

Anda mungkin bertanya-tanya alasan NFT ini dijual kepada puluhan ribu pembeli individu. Tentu saja, karya seni biasanya dibeli oleh satu kolektor saja, tetapi lelang NFT ini dirancang untuk memungkinkan pengguna membeli bagian-bagian kecil dari karya Pak, mulai dari US$575 (Rp8,4 juta). Setiap enam jam, harga setiap bagian meningkat sebesar US$25 (Rp368.000) dengan mendorong pembelian awal.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

60 Komunitas Penanggulangan Bencana Peroleh Pembinaan BPBD Sleman

Sleman
| Sabtu, 02 Juli 2022, 14:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement