Advertisement

Shopee & Tokopedia Ancam Lakukan Ini kepada Penjual Minyakita di Atas Rp14.000

Khadijah Shahnaz
Sabtu, 09 Juli 2022 - 17:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Shopee & Tokopedia Ancam Lakukan Ini kepada Penjual Minyakita di Atas Rp14.000 Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) bersama Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (kanan) memperlihatkan minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022). ANTARA FOTO - Galih Pradipta

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Platform e-commerce Shopee dan Tokopedia akan menurunkan dagangan penjual minyak goreng curah kemasan sederhana dengan merek Minyakita dengan harga mulai dari Rp16.000/liter hingga lebih dari Rp40.000/liter, jauh dari Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp14.00/liter.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan Shopee telah menerima arahan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait HET MinyaKita sebesar Rp14.000 per liter. Bagi penjual yang menjual produk MinyaKita di platform Shopee dengan harga di atas HET akan diminta untuk mengganti harga sesuai aturan.

“Atau produk tersebut akan kami turunkan. Tim kami juga akan melakukan skrining secara berkala,” ujar Radynal, Jumat (8/7/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Platform e-commerce lainnya, Tokopedia juga mengatakan akan menindak tegas penjual yang menjual Minyakita di atas HET. Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia Hilmi Adrianto mengatakan Tokopedia akan menindak tegas segala bentuk penyalahgunaan platform Tokopedia dan pelanggaran hukum yang berlaku di Indonesia.

“Termasuk penjualan produk yang melanggar ketentuan dengan harga yang tidak wajar,” ujar Hilmi, Jumat (8/7/2022).

Hilmi menegaskan jika terdapat penjual yang terbukti melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku, Tokopedia berhak menindak tegas dengan melakukan pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, banned toko atau akun, serta tindakan lain sesuai prosedur.

Meskipun Tokopedia dan Shopee bersifat User Generated Content (UGC) yaitu, penjual dapat mengunggah produk secara mandiri dan aksi kooperatif bersama para mitra strategis, termasuk pemerintah. Kedua platform ini akan tetap menindak tegas penjual yang melanggar ketentuan harga.

Kedua platform ini juga menyediakan layanan pelaporan. Di Shopee, pengguna dapat menghubungi pihak Shopee melalui lingkaran menu di sudut kanan atas daftar produk mana pun dan mengklik opsi "Laporkan Produk ini". Adapun, untuk Tokopedia bisa dilihat di i https://www.tokopedia.com/bantuan/produk-melanggar-ketentuan.

Sebagai informasi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas menegaskan harga minyak goreng curah kemasan sederhana dengan merek Minyakita dijual dengan harga Rp14.000 per liter di wilayah Jawa, Sumatra, Bali, Kalimantan, hingga Maluku dan Papua.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Bisnis.com beberapa hari lalu, Minyakita di Shopee dibanderol dengan harga tertinggi Rp956.000 per 25 liter atau Rp38.240/liter dengan keterangan wilayah di Kabupaten Kuningan. Ada pula yang menjual per liternya dalam kemasan bantal sebesar Rp16.000/liter.

Sementara di platform Tokopedia, Bisnis.com menemukan toko yang menjual satu dus Minyakita ukuran satu liter kemasan bantal dengan harga Rp499.000. Artinya per liter Minyakita berada di harga Rp41.583 per liternya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Tak Hanya Soal Kontrasepsi, Kampung KB di Jogja Garda Pembangunan Kesejahteraan

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement