Advertisement

Nasmoco Kenalkan 2 Mobil Toyota dengan Teknologi HEV, Ini Keunggulannya

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 16 Juli 2022 - 07:17 WIB
Arief Junianto
Nasmoco Kenalkan 2 Mobil Toyota dengan Teknologi HEV, Ini Keunggulannya  Regional Business Division Head Nasmoco Group, Idwan Wiatmojo berfoto bersama New C-HR Hybrid dan Corolla Cross Hybrid di halaman Jogja City Mall, Jumat (15/7/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Nasmoco Group, dealer resmi Toyota untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY mengenalkan dua produk kendaraan berteknologi hybrid di Jogja City Mall, Jumat (15/7/2022).

Produk kendaraan Toyota berteknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang merupakan teknologi hibrida terbaik hingga saat ini teruji dari pengalaman Toyota memproduksi electric vehicle lebih dari 10 juta unit sejak 2010.

Advertisement

Teknologi elektrifikasi tersebut juga dipadukan dengan teknologi canggih Toyota mulai dari platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang lebih nyaman, hingga teknologi safety Toyota Safety Sense (TSS) yang lebih aman. Hingga kini, Toyota juga telah memperluas kehadiran jajaran elektrifikasi di Indonesia dengan memiliki 10 model kendaraan elektrifikasi berteknologi HEV, PHEV dan BEV.

BACA JUGA: Rizal Ramli Acungi Jempol Program PNM Erick Thohir

Dalam kesempatan Nasmoco Media Gathering HYBRID, juga dilakukan test drive New C-HR Hybrid dan Corolla Cross Hybrid. “Salah satu keunggulan dari teknologi hybrid ini keiritan bahan bakar,” kata Regional Business Division Head Nasmoco Group, Idwan Wiatmojo, Jumat.

Sebagai contoh, mesin hybrid milik All New Corolla Cross. SUV perkotaan ini mengandalkan unit 2ZR-FXE 1.800 CC 4 silinder Dual VVT-i dengan power 100 ps dikombinasi motor listrik dengan power 36 ps. Mobil ini diklaim lebih efisien 62% dibandingkan mesin konvensional yang masih sepenuhnya mengandalkan motor bakar dan membuat mobil hibrida Toyota jarang ke SPBU untuk mengisi bensin.

Marketing Planning & Customer Relations Department Head Nasmoco Jateng-DIY, Rizki Permana menambahkan, dengan teknologi hibrida, customer tidak perlu memikirkan infrastruktur pengisian daya. “Tidak perlu ada kekhawatiran bahan bakar. Ini hemat bahan bakar juga,” kata Rizki.

Berbagai Keunggulan Toyota Hybrid

Keunggulan lainnya, mesin konvensional di mobil hibrida Toyota sudah di-setting supaya emisi gas buangnya rendah dan memenuhi standar EURO4.

Alhasil, mobil hibrida Toyota dicap sebagai mobil ramah lingkungan. Mobil ini semakin ramah lingkungan saat motor listrik bekerja sepenuhnya alias zero emission. Sistem yang diaplikasikan oleh Hybrid Synergi Drive (HSD) sebagai pengendali memastikan mobil lebih sering memanfaatkan mode elektrik.

Bahkan, mobil hibrida Toyota sudah memiliki pilihan mode berkendara EV alias full electric vehicle. Tidak perlu isi ulang baterai lantaran memang infrastruktur pengisian baterai mobil listrik yang belum memadai di DIY.

Untuk itu, mobil hibrida Toyota memberikan solusi lantaran baterai akan diisi secara otomatis ketika mobil beroperasi. HSD akan mengisi baterai mobil sembari mengatur sinergi antara motor bakar dan motor listrik ketika melaju.

Keunggulan lainnya, saat motor listrik bekerja, kabin mobil hibrida Toyota akan terasa sangat senyap karena mesin konvensional tidak beroperasi. Ditambah tingkat kekedapan kabin tinggi, penumpang akan merasakan pengalaman unik ketika berada di dalam.

BACA JUGA: Siap-Siap! Jika AS Benar-Benar Resesi, Startup Bakal Kesulitan Pendanaan

Ada juga kelebihan berupa fun to drive. Banyak orang menganggap mobil listrik akan kehilangan unsur fun to drive. Namun faktanya mobil hibrida Toyota seperti All New Corolla Cross begitu menyenangkan saat dikendarai. Motor listrik langsung mengantarkan tenaga sejak pedal gas diinjak dan akan merasakan lontaran torsi yang besar.

Selain itu, servis mobil tidak repot. Ada keraguan apakah teknisi bengkel resmi Toyota mampu menangani mobil hibrida. "Tidak perlu khawatir, teknisi bengkel resmi Toyota sudah memenuhi kualifikasi untuk melakukan servis berkala dan perbaikan mobil hybrid sesuai standard Toyota global. Toyota menyediakan lebih dari 332 outlet resmi untuk melayani penjualan dan perawatan, termasuk model HEV yang bisa ditangani oleh seluruh bengkel Toyota," kata Rizki.

Sementara soal fitur keamanan, model hybrid Toyota telah mengandalkan platform TNGA yang punya kepedulian tinggi terkait keselamatan berkendara, seperti pada All New Corolla Cross dan New C-HR Hybrid.

Toyota New C-HR Hybrid kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) untuk memberikan keamanan yang lebih optimal kepada pelanggan. Fitur TSS yang kini dimiliki New C-HR Hybrid yaitu, Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB). Tidak hanya itu, New C-HR Hybrid juga dilengkapi berbagai fitur keselamatan lain seperti Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement