Advertisement

Indonesian Custom Show Didorong Jadi Event Internasional

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 14 Agustus 2022 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Indonesian Custom Show Didorong Jadi Event Internasional Suasana Indonesian Custom Show (ICS) 2022, di Jogja Expo Center (JEC) Sabtu (13/8/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pameran otomotif Indonesian Custom Show (ICS) 2022 menjadi ruang baru bagi penggiat otomotif Tanah Air untuk mendukung pergerakan budaya custom tetap dinamis. Gelaran yang digelar PT Jogja Hahe Hahe tersebut juga didorong menjadi gelaran berskala internasional.

Founder ICS, Rudi Purnomo mengatakan ICS berorientasi untuk mengedukasi karya custom dengan menonjolkan kekhasan Indonesia. Pada gelaran yang diadakan di Jogja Expo Center (JEC) pada 13-14 Agustus 2022 tersebut menjadi wadah bagi semua karya custom dari berbagai daerah di Indonesia, baik sepeda motor maupun mobil.

“Kami juga bercita-cita menjadikan ICS sebagai international event. Saya sangat surprise juga menyaksikan kualitas karya teman-teman luar biasa. Kami melakukan ini untuk suatu karya dahulu, tidak perlu jauh-jauh dulu ke komersial,” ucap Rudi, Sabtu (13/8/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Daftar Motor Listrik di GIIAS 2022: Ada Segway hingga Alva

Event yang baru pertama kali digelar ini juga diharapkan menjadi event tahunan yang akan diselenggarakan setiap Agustus. “Harapannya menjadi event tahunan. Pada tahun ini kami mengusung tema Pride & Nationalism, harapannya dengan tema itu dapat mewujudkan kemerdekaan dan kebanggan pelaku custom di Indonesia,” ujarnya.

Sebagai perwujudan dari Pride & Nationalism, kebebasan berekspresi akan ditunjukkan para penggiat otomotif melalui karya-karya mereka. Tidak sedikit pula dari mereka yang dengan bangga menampilkan unsur kedaerahan dalam karyanya. Sehingga diharapkan juga nantinya Indonesia memiliki ciri khas tersendiri.

FX Endriadi yang juga salah satu founder ICS menambahkan, tidak hanya memberi ruang pada otomotif dan turunannya, ICS juga memberi ruang pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mulai dari kuliner, clothing dan yang lainnya. “Selepas pandemi event ini harapannya bisa mengajak teman-teman di Jogja berkembang. Menggerakan ekonomi,” ucap Endriadi.

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengapresiasi dan mendukung penuh gelaran ICS. “Saya berharap gelaran ini dapat memotivasi para penggiat otomotif di Kabupaten Bantul untuk semakin kreatif dan mampu berkompetisi di skala nasional maupun Internasional,” ucap Halim.

Menurut dia, ICS sejalan dengan program Pemkab Bantul yang tengah mendorong untuk masuk dalam daftar jejaring kota kreatif dunia di UNESCO atau UNESCO Creative City Network (UCCN).  

Advertisement

Halim ingin membawa Bantul menjadi City of Craft and Folk Art. “Sebagaian warga Bantul yang mengikuti ICS ini adalah salah satu bukti wujud dari kreativitas itu,” ujar Halim.

Adapun sejumlah acara telah disiapkan dalam Indonesian Custom Show 2022. Di antaranya adalah Show and Shine yang menghadirkan beberapa kegiatan, yakni Bike & Car Custom ContestBike & Car Custom Exhibition, Car & Motorcycle HistorySpecial Invitation Display (Motorcycle) & Car Garage ExhibitionCommunity DisplayCustom Engine ExhibitionCustom Product Exhibition, dan National & Local Movement.

Selain itu ada juga Local Helmet Exhibition, Custom Painting & Pinstriping Exhibition, Diecast Contest & Show, Micro Drone Race, serta Tattoo Artist Exhibition. PT Jogja Hahe Hahe juga menyediakan Lucky Draw berhadiah satu unit mobil custom 1969 Holden Premier Sedan HT dan satu unit sepeda motor custom 1974 Suzuki GT 185.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Fasilitasi Pencari Kerja, UNY Gelar Career Expo

Sleman
| Jum'at, 30 September 2022, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement